alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Calon Kades yang Terlibat Politik Uang Tetap Ikut Pemilihan

Chaeruddin
Calon Kades yang Terlibat Politik Uang Tetap Ikut Pemilihan
Polisi mengamankan oknum kepala dusun di Desa Belopa karena diamankan warga saat membagikan uang untuk suksesi Pilkades. Foto: SINDOnews/Chaeruddin

LUWU - Calon Kepala Desa Belopa, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu yang diduga terlibat politik uang lewat tim suksesnya dipastikan tetap ikut pemilihan. Kepastian itu disampaikan oleh dinas pemberdayaan masyarakat desa (DPMD) Luwu.

Kepala DPMD Luwu, Maslim Malik mengatakan, ada sejumlah alasan kenapa calon Kades tersebut tetap dibolehkan ikut pemilihan.

"Pertama, tidak ada dijelaskan atau diatur tentang money politik atau politik uang yang menyebutkan akan mengugurkan calon yang bersangkutan," ujarnya.



"Kedua, status hukum atau perkara money politik tersebut masih berproses, belum ada kekuatan hukum tetap. Ketiga, oknum kepala dusun yang ditangkap belum membagi uang dan ke empat, belum ada bukti bahwa oknum kadus ini benar diminta oleh salah satu kades di Desa Belopa," jelasnya.

Meski demikian, Maslim memastikan jika kasus ini akan tetap berefek kepada Kadus dan calon Kades yang terlibat. Apalagi, jika kasus ini sudah berkekuatan hukum tetap.

"Meski sudah terpilih jika kasus menyatakan pihak terkait bersalah tentu akan dilakukan pemecatan dari kepala dusun maupun sebagai kepala desa jika oknum ini terpilih," katanya.

Kasat Reskrim Polres Luwu, AKP Faizal Syam, menjelaskan, kasus yang melibatkan salah seorang kepala dusun di Desa Belopa bernama Mardin (40) telah diambil alih oleh Polres Luwu dari Polsek Belopa.

"Awalnya pelaku ditelepon oleh mantan Kepala Desa Belopa atas nama Muliadi Mawi untuk datang ke rumah bapak Accung. Pelaku diberikan uang sebesar dua puluh lima juta rupiah dengan maksud untuk dibagikan kepada warga atau simpatisan Ulo-ulo," jelas Faizal Syam.

Dirinya menyampaikan hingga saat ini, Mardin masih berstatus saksi.

"Kami juga akan memintai keterangan oknum mantan kades Muliadi Mawi dalam waktu dekat," katanya.

Untuk diketahui, Muliadi Mawi, adalah incumbent, mantan kades Belopa yang kembali ikut di Pilkades serentak 18 september lusa.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif