TOPIK TERPOPULER

Jurnal Ilmiah Poltekpar Makassar Dapat Akreditasi SINTA

Tim SINDOnews
Jurnal Ilmiah Poltekpar Makassar Dapat Akreditasi SINTA
Direktur Politeknik Pariwisata Makassar, Muhammad Arifin

MAKASSAR - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN), Bambang PS Brodjonegoro mengeluarkan surat keputusan tentang peringkat akreditasi jurnal ilmiah periode III tahun 2020.

Di dalam surat tersebut diumumkan bahwa Pusaka: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event dengan e-ISSN 2656-1301 berhasil meraih akreditasi (science and technology index) SINTA peringkat 3.



Baca juga: Direktur Politeknik Pariwisata Makassar Lantik 19 Pejabat Baru

Direktur Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar, Muhammad Arifin sebagai pimpinan yang menaungi Pusaka: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event mengaku bersyukur atas capaian ini.

“Alhamdulillah, patut kita syukuri, ini sudah sesuai trek rencana pengembangan Pusaka Jurnal sebagai media publikasi karya ilmiah dan menjadi media dalam mempopulerkan pariwisata Indonesia,” ujar Arifin, dalam siaran persnya kepada SINDOnews, Rabu (27/1/2021).

Muhammad Arsyad, asesor akreditasi jurnal ilmiah nasional Kemristek/BRIN, menyambut baik hasil akreditasi jurnal nasional di batch-3, 2021 ini.

“Kita bersyukur Pak Menteri sudah menetapkan SK akreditasi jurnal batch 3 tahun 2020. Kebutuhan jurnal terakreditasi nasional di Indonesia masih sangat tinggi dan selamat untuk Jurnal Pusaka atas berhasilnya tembus akreditasi nasional SINTA-3 (S3). Ini capaian yang sangat baik bagi jurnal yang pertama kali ikut akreditasi dan langsung masuk S3.” ujar Arsyad.



Baca juga: Poltekpar Makassar Gelar Wisuda ke-XIX di Tengah Pandemi COVID-19

“Manfaat utama Pusaka terakreditasi, pertama, secara pedoman POPAK 2019, ini angka kredit KUM-nya 20 bagi artikel yang dipublikasi, hanya beda 5 poin saja dengan SINTA-1. Kedua, ini akan menjadi media diseminasi hasil riset para dosen/peneliti terutama yang dikejar target luaran publikasi. Ketiga, itu akan memancing author untuk submit paper berkualitas ke jurnal dan tentu saja akan menjaga kontinuitas bahan baku artikel jurnal,” sambung Arsyad.

Kepala unit P3M, Darmayasa mengucapkan selamat kepada para pengelola Pusaka: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event atas pencapaian dan keberhasilannya dalam mengelola salah satu media publikasi ilmiah ini.

Muhammad Arfin Muhammad Salim, pimpinan utama Pusaka: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event mengaku sangat bersyukur atas pencapaian ini.

Baca juga: Rayakan Dies Natalis, Direktur Paparkan Pencapaian Poltekpar di Usia ke-29 Tahun

"Terima kasih kepada seluruh tim dan semua pihak yang terlibat dalam pencapaian ini, harapan kami ke depannya Jurnal Pusaka dapat meningkatkan kualitas indeksnya dan Jurnal Pusaka harus tetap mendapat fully supports dari pimpinan institusi,” harap Muhammad Arfin.

Sebagai informasi, peringkat 3 berarti nilai akreditasi berada pada 60 ≤ n < 70. Pusaka: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event yang terakreditasi SINTA 3 yang merupakan jurnal ilmiah. Artikel mengenai pariwisata baik nasional dan internasional yang diterbitkan dipilih dari artikel yang diunggah langsung ke halaman jurnalnya. Dikelola oleh Unit Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Politeknik Pariwisata Makassar (PPPM).



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!