alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

2 Bupati Tak Kembalikan Formulir Pendaftaran Cakada di PDIP

Muhaimin
2 Bupati Tak Kembalikan Formulir Pendaftaran Cakada di PDIP
Bupati Tana Toraja dan Selayar memilih tak mengembalikan formulir pendaftaran calon kepala daerah di PDIP. Foto: SINDOnews/Ilustrasi

MAKASSAR - Dua bupati yang akan kembali maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, ternyata tidak mengembalikan formulir pendaftaran calon kepala daerah (Cakada) di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Bahkan hingga penjaringan kandidat di kabupaten/kota ditutup pada 14 September 2019 lalu, nama mereka tidak muncul di daftar partai pemenang Pemilu itu.

Kedua bupati itu yakni, Basli Ali yang merupakan Bupati Selayar, dan Nicodemus Biringkanae Bupati Kabupaten Tana Toraja.



Ketua DPC PDIP Tana Toraja, Yohanis Lintin Paembongan membenarkan hal tersebut. Nicodemus kata dia, gugur dalam penjaringan bakal calon di partainya untuk tingkat kabupaten/kota.

Alasannya, Nicodemus tak mengembalikan formulir pendaftarannya hingga penjaringan ditutup. Padahal sebelumnya, eks Kepala Dinas Provinsi Sulsel 2007-2010 ini mengambil formulir pendaftaran yang diwakili oleh timnya.

"Yang pasti bahwa DPC tidak menjaring beliau (Nicodemus) karena syarat untuk dijaring DPC adalah mengembalikan formulir pendaftaran," kata Yohanis saat dihubungi.

Berbeda dengan Nicodemus, Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Batuan Batara memilih melirik PDIP. Itu ditandai ya dengan mengembalikan formulir pendaftarannya.

"Pak Victor Batara sudah kembalikan," singkatnya.

Adapun Bupati Selayar, Basli Ali juga memilih tidak mendaftar di PDIP. Ketua DPD II Golkar ini hanya mengambil formulir namun juga tak mengembalikannya. Selain Basli Ali, ada nama Ady Ansar yang juga tak mengembalikan formulir.

"Hanya pak Akbar Silo yang kembalikan. (Basli Ali) tidak kembalikan," kata Ketua DPC PDIP Selayar, Muh Anas Kasman Ali.

Kendati tak mengembalikan formulir di DPC, peluang Basli Ali untuk mengendarai PDIP di Selayar tetap terbuka. Lantaran kata dia, DPD PDIP Sulsel juga membuka pendaftaran untuk bakal calon. Artinya, bagi figur yang tidak sempat mengembalikan formulir pendaftarannya di DPC PDIP kabupaten/kota, bisa langsung ke DPD PDIP Sulsel. Pengembaliannya hingga pekan depan.

"Ada surat instruksi dari DPD PDIP Sulsel. Bagi calon diberikan kesempatan mengembalikan formulir ke DPD Partai di Makassar sampai tanggal 22 September. Boleh mengembalikan ke DPD langsung," tandasnya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif