alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bukit Cekong Terbakar, Api Nyaris Merambah ke Pemukiman Warga

Aris Bafauzi
Bukit Cekong Terbakar, Api Nyaris Merambah ke Pemukiman Warga
Kebakaran lahan gambut terjadi di Bukit Cekong Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Selasa (17/09/2019). Api merambat hingga nyaris membakar semua permukaan bukit. Foto : SINDOnews/Aris Bafauzi

ENREKANG - Kebakaran lahan gambut terjadi di Bukit Cekong Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Selasa (17/09/2019). Api merambat hingga nyaris membakar semua permukaan bukit.

Menurut keterangan saksi, api pertama kali terlihat di kaki Bukit Cekong bagian timur. Kencangnya hembusan angin, mempercepat merambahnya api ke puncak bukit. Api bahkan nyaris mendekati pemukiman warga di Kelurahan Tanete.

"Angin cukup kencang makanya merambahnya api sangat cepat, ditambah lahan gambut kering mudah dibakar api," ungkap Kapolsek Anggeraja, IPTU Lukman kepada SINDOnews.



Pantauan SINDOnews, ratusan warga bergotong royong memadamkan api dibantu anggota Polsek Anggeraja dengan peralatan seadanya. Mereka mencoba memotong jalur api untuk mencegah meluasnya kebakaran.

Camat Anggeraja, Kadir Loga, juga tampak terjun langsung ke lokasi dan memerintahkan truk pemadam kebakaran dari Kecamatan Anggeraja untuk lebih sigap dalam memadamkan api.

"Truk pemadam kecamatan Anggeraja telah tiba di lokasi. Ini tugas kita semua, bagaimana api tidak sampai menjangkau pemukiman di kaki bukit Cekong," tukas Kadir.

Menurut Dia, musim kemarau juga menjadi faktor mudahnya titik api menyebar lebih luas. Bukit Cekong sendiri adalah bekas tempat wisata yang sempat tersohor hingga ke Mancanegara. Sayangnya lokasi wisata alam ini tidak aktif lagi.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook