alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hati Hati, Penyakit Seksual Ini Beresiko Mengenai Wanita

Sri S Syam
Hati Hati, Penyakit Seksual Ini Beresiko Mengenai Wanita
Tidak selamanya penyakit berbahaya ditularkan dari hubungan seksual di luar nikah. Kebanyakan kasus, justru berasal dari pasangan sah, baik suami maupun istri. Foto : Ilustrasi/Istimewa

MAKASSAR - Tidak selamanya penyakit berbahaya ditularkan dari hubungan seksual di luar nikah. Kebanyakan kasus, justru berasal dari pasangan sah, baik suami maupun istri.

Namun demikian, resiko penyakit ini menjadi dua kali lipat lebih berbahaya jika tertular pada ibu hamil, sebab janin yang dikandungnya tentu dapat terjangkit.

Lalu apa saja penyakit seksual tersebut. Dilanisr dari berbagai sumber, berikut uraiannya.



Scabies
penyakit ini disebabkan infeksi parasit. Biasanya adalah gigitan kutu dan penyakit ini dapat ditularkan lewat hubungan seksual. Gejalanya yang paling mudah diperhatikan adalah benjolan kecil di area yang gatal. Rasa gatal scabies umumnya sangat parah ketika menjelang malam hari.

Ganorea
Infeksi bakteri Neisseria gonorrheae ini membuat wanita yang mengidapnya, mendapatkan darah dari vagina. Sakit ketika kencing, hingga pendarahan hebat ketika menstruasi akan dialami. Sakit pada aerah anus juga menjadi gejalanya.

Chlamydia
Juga datang dari infeksi bakteri. Tidak ada gejala di tahap awal infeksi, namun setelah itu wanita bisa merasakan sakit ketika kencing yang merambah ke area perut. Wanita penderita Chlamydia juga merasakan sakit ketika berhubungan intim.

Sifilis
Organisme bernama Treponema pallidum menjadi penyebabnya. Sifilis melukai berbagai bagian tubuh lainnya, bahkan hingga ke otak dan juga jantung. Sifilis sendiri memiliki beberapa tahapan dan tiap tahapan memiliki gejala sendiri. Namun yang paling awal bisa dikenali adalah koreng kecil di area inteksi yang tidak sakit. Jika tidak parah, koreng ini akan hilang dengan sendirinya.

Herpes
Virus menjadi penyebab penyakit ini. Virus itu masuk melalui pori-pori kecil kulit wanita. Kebanyakan penderita tidak tahu jika mereka mendapatkan penyakit ini dikarenakan tidak ada gejalanya. Saat merasakan gejalanya, itu adalah kondisi terparah. Gejalanya adalah bintik merah kecil di area alat kelami serta rasa sakit di area itu.

HPV
Salah satu penyakit seksual menular paling umum. Rasa gatal, bengkak yang keabu-abuan serta perdarahan ketika berhubungan intim adalah gejala awalnya. Di wanita, penyakit ini bisa menumbuhkan kutil di area vulva, di serviks, hingga bagian badan dalam alat kelamin dan anus.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif