Nilai Ekspor Lada Sulsel Tumbuh Positif di Tengah Pandemi

Kamis, 28 Januari 2021 - 09:03 WIB
loading...
Nilai Ekspor Lada Sulsel Tumbuh Positif di Tengah Pandemi
ilai ekspor komoditas lada Sulawesi Selatan (Sulsel) tumbuh signifikan meski di tengah pandemi Covid-19. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Nilai ekspor komoditas lada Sulawesi Selatan (Sulsel) tumbuh signifikan meski di tengah pandemi Covid-19. Tercatat, sepanjang tahun 2020 lalu, nilai ekspor lada Sulsel mencapai USD 17,6 juta atau setara dengan Rp247 miliar (Kurs Rp14.086).

Nilai tersebut mengalami peningkatan sebesar 24,93 persen jika dibandingkan dengan ekspor lada Sulsel pada tahun 2019 lalu yang hanya mencapai USD 14 juta atau setara dengan Rp198 miliar.

Meski demikian, dari segi volume ekspor lada Sulsel turun 14,84 persen, yaitu dari 5.580 ton pada tahun 2019 menjadi 4.752 ton tahun 2020. Hal tersebut diuraikan oleh Kabid Pengembangan Perdagangan Luar Negeri Dinas Perdagangan Provinsi Sulsel, Dewa Nyoman Mahendra kepada SINDOnews, Rabu (27/1/2021).

Lebih jauh, dia menjelaskan negara tujuan ekspor lada Sulsel terbesar pada tahun 2020 adalah Vietnam (2.415 ton), disusul China (2.303 ton), Malaysia (16,90 ton) dan Thailand (16,90 ton). "Kualitas lada kita bagus sekali, jadi tidak perlu khawatir dengan pemasaran kita di internasional," kata Nyoman optimis.

Dari total eskpor tersebut, jenis lada yang paling banyak dikirim adalah raw material, baik itu lada putih maupun lada hitam. "Kebanyakan raw material. Ada juga ekspor lada yang sudah dikemas tapi sedikit sekali," katanya.



Adapun daerah penghasil lada terbesar di Sulsel adalah Luwu Timur. Dari total 4.752 ton ekspor lada Sulsel pada tahun 2020, 60 persen lebih didatangkan dari Luwu Timur. "Penghasil lada terbesar memang Luwu Timur. Tapi ada juga dari beberapa kabupaten lain, seperti Sinjai," urai Nyoman.

Meski negara-negara di Asia mendominasi ekspor lada Sulsel , tapi menurut Nyomang terdapat pula permintaan lada ke beberapa negara lainnya, baik itu negara-negara di Eropa maupun Amerika. Bahkan, ada juga beberapa lada Sulsel yang dikirim ke wilayah domestik Indonesia, seperti ke Jakarta, Surabaya dan Lampung.

Untuk mendorong nilai ekspor lada Sulsel terus meningkat, Nyoman mengaku Dinas Perdagangan Sulsel terus berupaya hadir di tengah-tengah eksportir untuk menfasilitasi dan membuka akses pasar. Saat ini, Dinas Perdagangan Sulsel juga sedang berupaya membuka akses pasar ke New Zealand bagi lada yang sudah digiling dan dikemas oleh UMKM.

"Kami menfasilitasi akses pasar. Misal ada ekaportir baru, kami bantu untuk carikan pasar. Bahkan ada juga UMKM di Luwu Timur yang sudah dalam bentuk sudah jadi. Makanya kita carikan pasar di New Zealand untuk pasar selanjutnya," pungkas Nyoman.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0900 seconds (0.1#10.140)