alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ditinggal saat Mengajar, Rumah Suyuti Ludes Terbakar

Muhammad Subhan
Ditinggal saat Mengajar, Rumah Suyuti Ludes Terbakar
Suyuti seorang guru di Pangkep dibantu petugas saat memadamkan api yang membakar rumahnya, Selasa, (17/09/2019). Foto: Sindonews/Muhammad Subhan

PANGKEP - Bencana kebakaran menghanguskan rumah Suyuti, seorang guru di Desa Bonto Birao, Kecamatan Tondong Tallasa, Pangkep, dan rumah orang tuanya pada Selasa (17/9/2019).

Salah seorang saksi mata, Hamsiah mengatakan api barasal dari bagian belakang rumah Suyuti. Ia mengaku melihat api membumbung tinggi lalu menjalar membakar rumah yang lain.

"Api membakar bagian belakang milik Suyuti kemudian saya berteriak minta tolong dan langsung menelpon pemilik rumah," kata Hamsiah.



Warga setempat lalu berdatangan dan berusaha membantu memadamkan api dengan menggunakan peralatan sederhana seperti ember dan baskom. Warga berhasil menyelamatkan satu unit traktor yang berada di kolong rumah Suyuti.

Kapolsek Tondong Tallasa, Iptu Marzuki menjelaskan, peristiwa kebakaran saat rumah dalam keadaan kosong ditinggal pemiliknya yang pergi melaksanakan tugas mengajar sebagai guru. Api cepat menjalar dan menghanguskan seluruh bagian dan isi rumah yang berbahan kayu ini.

"Rumah yang terbakar milik Suyuti dan rumah orang tuanya. Saat kebakaran, rumahnya kosong Suyuti sedang mengajar di sekolah," ujarnya.

Lokasi Desa Bonto Birao Kecamatan Tondong Tallasa, termasuk wilayah pegunungan yang cukup jauh dari kota Pangkajene membuat armada pemadam kebakaran sulit mencapai lokasi. Beban air dalam tangki membuat mobil pemadam berjalan lambat, bahkan sejumlah air dalan tangki tumpah dijalan pendakian.

"Tadi ada pemadam kebakaran, tapi karena jarak tempuh cukup jauh dan jalan menanjak. Kalau membawa material air cukup sulit, Sehingga airnya ditumpahkan di jalan. Saat sampai disini, baru pergi cair air lagi. Meskipun tertatih, akhirnya pemadam sampai ke lokasi dan membantu memadamkan sisa-sisa api," lanjut Marzuki.

Polisi belum memastikan penyebab kebakaran ini. Namun dugaan awal, kebakaran terjadi akibat hubungan arus pendek listrik.

"Dugaan sementara penyebab kebakaran ini akibat arus pendek listrik, dugaan penyebab lainnya kita masih dalami,"tambahnya.

Akibat kejadian ini, kerugian ditaksir mencapai Rp350 juta. Rumah Suyuti diperkirakan kerugian Rp250 juta, sementara untuk rumah orang tuanya kerugian diperkirakan Rp100 juta.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook