alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

PAN dan Demokrat Tak Ingin Buru-buru Evaluasi Kader

Muhaimin Sunusi
PAN dan Demokrat Tak Ingin Buru-buru Evaluasi Kader
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Demokrat Sulsel, Selle KS Dalle. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Dua partai politik (parpol) di Sulsel tak ingin terburu-buru melakukan evaluasi terhadap kadernya. Keduanya ialah Partai Amanat Nasional (PAN) dan Demokrat.

Baik PAN dan Demokrat belum mau melakukan penyegaran terhadap struktur kepengurusan di kabupaten/kota. Padahal perhelatan pemilihan legislatif (Pileg) telah dilalui sejak beberapa bulan lalu dan bisa menjadi acuan.

"Ada memang daerah yang kursinya turun. Tapi belum kita lakukan (evaluasi)," kata Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sulsel, Andi Jamaluddin Jafar saat ditemui di Gedung DPRD Sulsel beberapa waktu lalu.



Jamaluddin menuturkan pihaknya juga belum memutuskan kapan DPW akan melakukan evaluasi terhadap DPD. "Kita juga belum ada rencana untuk itu," sambungnya.

Hanya saja, Jamaluddin mengatakan sudah ada sejumlah pengurus DPD di kabupaten/kota yang menyerukan untuk diminta evaluasi. Salah satunya Ketua DPD PAN Enrekang, Suhardi.

Menurut Jamaluddin, Suhardi telah meminta kepada DPW untuk diganti sebagai Ketua DPD PAN Enrekang. Alasannya, lantaran merasa gagal mempertahankan kesuksesan PAN di daerah berjuluk Bumi Massenrempulu itu.

"Ketua DPD di Enrekang, dia mau mundur diri. Dimana sebelumnya kursinya dapat unsur pimpinan, tapi sekarang tidak dapat ketua. Mungkin karena dia merasa gagal, jadi dia minta untuk ditinjau kembali posisinya sebagai ketua," tuturnya.

Perolehan kursi PAN di Enrekang memang terjun bebas. Pada Pileg 2014 lalu, PAN berhasil mengunci tujuh kursi dan memperoleh kursi Ketua DPRD, namun pada Pileg 2019 lalu, PAN kehilangan empat kursi atau tersisa tiga kursi.

Meski begitu, Jamaluddin menegaskan DPW PAN belum mau merespon permintaan Suhardi. Lantaran pihaknya memang belum merencanakan evaluasi menyeluruh terhadap kader di DPD kabupaten/kota.

"Kita belum respon soal itu. Karena masih kita cari-cari siapa yang pantas untuk bisa sebagai penggantinya di sana (Enrekang)," tandasnya.

Sama halnya dengan PAN, Demokrat juga masih enggan melakukan evaluasi terhadap kadernya di DPC kabupaten/kota. Meski di beberapa daerah, kursi Demokrat mengalami penurunan.

"Beberapa sih kabupaten yang menurun drastis (kursinya). Tapi belum ada rencana evaluasi," ucap Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Demokrat Sulsel, Selle KS Dalle belum lama ini.

Meski begitu, Selle memastikan partainya akan tetap melakukan evaluasi. Namun pembenahan itu kata dia, bukan untuk mencari-cari kesalahan kader atau pengurus partainya.

"Tapi namanya organisasi, ada saatnya kita evaluasi. Evaluasi bukan untuk mencari kelemahan dan kekurangan, tapi untuk belajar dari pengalaman. Apa yang bisa kita jadikan pelajaran untuk maju ke depan," paparnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook