alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gowa Terbaik Nasional dalam Pengentasan Kawasan Kumuh

Herni Amir
Gowa Terbaik Nasional dalam Pengentasan Kawasan Kumuh
Kadis Perkimtan Gowa, Abdullah Sirajuddin, menerima penghargaan terbaik pertama dalam pengentasan kawasan kumuh dari Kementerian PUPR. Foto: SINDOnews/Herni Amir

SUNGGUMINASA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menobatkan Kabupaten Gowa sebagai terbaik pertama nasional dalam penanganan Kawasan Permukiman Kumuh.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Gowa, Abdullah Sirajuddin, mengatakan penghargaan yang diraih ini atas kerja sama dan kerja keras seluruh elemen satuan kerja yang berkolaborasi dengan Pemkab Gowa.

"Alhamdulillah ini berkat kerja keras dan dukungan dari berbagai pihak khususnya Kotaku dan Pemkab Gowa dalam hal ini Pak Bupati dan Pak Wabup," ujarnya, Rabu (18/9/2019)



Dikatakan Abdullah, capaian ini sejalan dengan bukti nyata di lapangan. Hingga saat ini, program pengentasan kawasan kumuh menjadi layak huni melalui program Program Kota Tanpa Kumuh (KotaKu) terus berjalan untuk mempercepat penanganan kumuh perkotaan.

"Kami berharap capaian ini menjadi motivasi tersendiri untuk dapat dipertahankan bahkan jika perlu ditingkatkan," harap Plt Kabag Humas dan Kerjasama Pemkab Gowa ini.

Selain pembangunan berbagai infrastruktur seperti jalan, taman bermain, taman bunga, ataupun drainase, program KotaKu di Gowa juga berhasil menyasar titik-titik kritis air hingga masyarakatnya mudah mengakses air bersih.

Terpisah, Koordinator KotaKu Wilayah 4 Sulsel (Gowa, Bantaeng, Bulukumba, Sinjai dan Selayar), Nurliah Ruma, mengatakan semua ini mampu diraih karena kerja keras tim dan Pemkab Gowa di semua level dan sektor terkait.

"Yang terpenting prestasi ini ada karena support bapak Bupati dan Wakil Bupati Gowa juga bapak Sekkab Gowa. Terlebih proaktifnya masyarakat dalam melaksanakan program ini sebagai pelaku utama dalam mengikis dan menghilangkan kekumuhan di lingkungannya masing-masing," bebernya.

Dijelaskan Nurliah Ruma, efek dari program yang mengutamakan pemberdayaan masyarakat ini cukup tampak. Peran masyarakat sungguh antusias dalam mewujudkan keinginan melihat lingkungannya bersih dan tertata.

Dalam program yang mengantar Kabupaten Gowa meraih juara pertama se-Indonesia ini, penilaian menyangkut semua aspek termasuk administrasi, giat lapangan dan penggunaan anggaran. "Saya kurang tau pasti bagaimana indikator penilaian pusat, tapi yang jelas Gowa juara," katanya.

"Saya sangat bersyukur karena prestasi ini dan Kotaku Gowa tidak akan berhenti sampai di sini. Saya berharap kekumuhan di Gowa betul-betul titik nol alias tidak ada kumuh lagi," pungkas dia.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif