Fitur QR Code Muamalat DIN Permudah Transaksi Nasabah

Kamis, 28 Januari 2021 - 13:45 WIB
loading...
Fitur QR Code Muamalat DIN Permudah Transaksi Nasabah
Regional Head Muamalat Regional Sulampua, Ahmad S Ilham. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Pionir Bank Syariah Indonesia, Bank Muamalat kembali menghadirkan inovasi diawal tahun 2021. Inovasi tersebut berupa fitur QR Code, sebuah layanan digital terintegrasi yang memudahkan nasabah melakukan transaksi pembayaran melalui ponsel pintarnya.

Regional Head Muamalat Regional Sulampua, Ahmad S Ilham mengemukakan, fitur QR Code tersebut terhubung dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), sehingga lebih mengefektifkan transaksi nasabah yang meminimalkan kontak fisik sesuai protkol kesehatan saat ini.

"Tentunya ini bentuk komitmen kami agar nasabah bertransaksi dengan mudah dan sederhana. Serta ini rangkaian upaya kami meningkatkan loyalitas konsumen dan menjangkau lebih banyak nasabah termasuk generasi milenial," tuturnya Ahmad S Ilham di Makassar, Kamis (28/1/2021).



Fitur terbaru tersebut diyakini mampu menjadi katalisator dalam lebih banyak nasabah yang memiliki orientasi digital di Makassar serta daerah lainnya di Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua).

Diketahui, Bank Muamalat secara resmi menyematkan fitur Quick Response (QR) Code atau kode respon cepat pada aplikasi mobile banking Muamalat DIN.

Direktur Retail Banking Muamalat Purnomo B Soetadi mengatakan, transformasi digital merupakan salah satu pilar strategi bisnis Bank Muamalat pada tahun 2021. Oleh karena itu, peluncuran fitur QR Code Muamalat DIN merupakan bentuk adaptasi perseroan terhadap era digital sekaligus juga dukungan terhadap kebijakan regulator untuk mengoptimalkan transaksi nontunai.

"Kita ketahui bersama bahwa Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) senantiasa mendorong industri perbankan untuk memaksimalkan penggunaan transaksi nontunai. Oleh karena itu, kami memperkenalkan fitur QR Code di Muamalat DIN dalam rangka mendukung program regulator tersebut sekaligus mewujudkan keinginan para nasabah yang memang sudah sangat menanti fitur ini," ujarnya.

QR Code Muamalat DIN terhubung dengan Quick Response Code Indonesian Standard atau disingkat QRIS yang merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia. Bank Muamalat bekerja sama dengan PT Artajasa Pembayaran Elektronis (ATM Bersama) selaku lembaga switching.



Fitur QR Code Muamalat DIN saat ini sudah dapat digunakan untuk transaksi di merchant-merchant yang menggunakan logo QRIS seperti toko ritel, SPBU hingga kotak amal. Total jumlah merchant yang telah terintegrasi dengan QRIS saat ini sekitar 5 juta merchant.

Aplikasi Muamalat DIN sendiri dapat diunduh di Play Store bagi pengguna perangkat Android dan App Store bagi pengguna Apple. Untuk sistem operasi Android, versi minimal yang dapat menggunakan fitur QR Code Muamalat DIN adalah 6.0 atau Marshmellow, sedangkan untuk iOS adalah versi 12.0.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2036 seconds (0.1#10.140)