alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Empat Penyakit yang Mengancam Jiwa Akibat Asap Kebakaran

Sri S Syam
Empat Penyakit yang Mengancam Jiwa Akibat Asap Kebakaran
Kebakaran melanda TPA Antang Kota Makassar, sejumlah warga terpaksa menggunakan masker untuk menghindari penyakit akibat asap kebakaran. Foto : SINDOnews/Muchtamir Zaide

MAKASSAR - Kabut asap akibat kebakaran dapat mendatangkan penyakit bagi orang-orang yang terpapar langsung oleh bencana ini.

Ada empat jenis penyakit yang bisa timbul akibat kabut asap kebakaran hutan atau lahan. Hal ini perlu Anda ketahui sebab saat ini Indonesia tengah mengalami darurat kebakaran baik hutan maupun lahan.

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)
ISPA merupakan infeksi yang menganggu saluran pernapasan seseorang. Penyakit ini dapat membuat tubuh seseorang kekurangan oksigen, dan jika tidak ditangani lebih lanjut dapat mengancam nyawa seseorang. Seseorang yang menghirup asap dari kebakaran hutan atau lahan rentan untuk terkena penyakit ISPA. Ini karena asap dari hasil kebakaran hutan atau lahan mengandung sejumlah zar-zat berbahaya termasuk bakteri yang dapat menganggu kesehatan. Gejala ISPA diantaranya ialah sering bersin, merasa lelah dan timbun demam, serta hidung tersumbat dan berair.



Penyakit Jantung
Orang yang terpapar kabut asap akibat kebakaran hutan ataupun lahan juga dapat terkena resiko penyakit jantung. Ini karena kabut asap membawa partikel yang berukuran sangat mini seperti PM2.5, yakni partikel yang berukuran sangat mini yang bisa menembus masker penutup hidung dan mulut yang dipakai seseorang. Partikel ini masuk melalui saluran pernapasan. Alhasil, jika seseorang terpapar kabut asap dalam jangka panjang maka dapat terkena resiko penyakit jantung. Hal ini berdasarkan studi dari California Enviromental Protection Agency pada 2014 yang lalu.

Menyebabkan Iritasi
Ada beberapa iritasi yang diakibatkan terpapar kabut asap akibat kebakaran hutan atau lahan. Diantaranya iritasi pada mata, hidung dan tenggorokan. Tidak hanya itu terpapar kabut asap akibat kebakaran hutan atau lahan juga dapat menyebabkan sakit kepala dan juga alergi. Untuk itu masker menjadi salah satu benda yang harus dipakai setiap orang sebagai pelindung dari kabut asap yang pekat.

Penyakit Asma
Kabut asap juga bisa menyebabkan seseorang tekena penyakit Asma. Ini karena buruknya kualitas udara yang didapatkan seseorang. Seperti asap rokok yang berbahaya, kabut asap juga demikian karena membawa partikel yang tidak baik bagi pernapasan. Alhasil kualitas udara yang semakin buruk akan ikut memperburuk kondisi kesehatan seseorang. Asma membuat seseorang cukup sulit bernafas dan ujungnya menjadi sesak. Adapun gejala seseorang terkena asma adalah batuk-batuk dan juga nyeri dada.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif