alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sulsel Darurat Api! 80 Hektare Hutan di Tana Toraja Terbakar

Joni Lembang
Sulsel Darurat Api! 80 Hektare Hutan di Tana Toraja Terbakar
Kebakaran yang terjadi di Bukit Cekong Enrekang juga terjadi di wilayah Tanah Toraja. Hingga saat ini sudah 80 hektare hutan dilalap si jago merah. Foto : SINDOnews/Aris Bafauzi

TANA TORAJA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tana Toraja mendata, dalam satu bulan terakhir sudah 80 hektare kawasan hutan di Kabupaten Tana Toraja terbakar.

"Data terakhir BPBD Tana Toraja, total luas kawasan hutan yang terbakar di Kabupaten Tana Toraja dalam kurun waktu satu bulan terakhir sudah mencapai 80 hektare,” ujar Kepala BPBD Tana Toraja, Alfian Andilolo di Makale kepada SINDOnews, Rabu (18/09/2019).

Dia mengatakan puluhan hektare kawasan hutan yang terbakar itu tersebar di sejumlah kawasan hutan di Kabupaten Tana Toraja. Diantaranya hutan Mapongka dan Hutan Supi kecamatan Mengkendek.



Penyebab kebakaran hutan terjadi karena faktor alam dan ulah manusia yang dipicu cuaca panas akibat musim kemarau.

Dia menjelaskan gesekan ranting pohon yang kering kemudian menimbulkan percikan api menjadi salah satu indikasi sumber api.

Sementara kebakaran hutan yang disebabkan oleh ulah manusia terjadi karena puntung rokok yang dibuang sembarangan di sekitar area hutan, pembakaran sampah serta pembukaan lahan baru dengan cara membakar.

Beruntung, kebakaran hutan tersebut tidak sampai meluas ke pemukiman warga. "Dari hasil penyelidikan dan keterangan saksi di lapangan, sebagian besar kebakaran hutan disebabkan ulah manusia yang membuang puntung sembarangan serta pembakaran membuka lahan perkebunan baru,” tukasnya.

Kabag Humas Setda Tana Toraja, Yohanis amben menambahkan guna mencegah kebakaran hutan dan lahan sebagai dampak musim kemarau, Bupati Tana Toraja sudahk mengeluaran surat edaran yang meminta semua Kepala OPD, camat, lurah, maupun kepala desa agar senantiasa mensosialisasikan pencegahan kebakaran hutan dan lahan kepada seluruh masyarakat Tana Toraja.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif