Parepare Incar Kategori Mentor di Ajang APE Kementerian P3A

Kamis, 28 Januari 2021 - 17:26 WIB
loading...
Parepare Incar Kategori Mentor di Ajang APE Kementerian P3A
Suasana rapat koordinasi membahas persiapan jelang verifikasi APE 2021, yang digelar di Bappeda Parepare. Foto: SINDOnews/Darwiaty Dalle
A A A
PAREPARE - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare mematangkan persiapan jelang verifikasi anugerah parahita ekapraya (APE) oleh Tim Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) . Verifikasi rencananya dilakukan bulan Februari 2021.

Persiapan menghadapi verifikasi ini dirapatkan bersama SKPD terkait, di antaranya Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), BKD, Bappeda, Inspektorat di ruang rapat Bappeda Parepare.



"Dan yang menggembirakan, berdasarkan skoring awal yang telah dilakukan oleh Tim Provinsi, alhamdulillah Parepare berada dalam kategori mentor," ungkap Kepala Bidang Perencanaan SDM dan Sosbud Bappeda Parepare, Dede Alamsyah Wakkang.

Mentor merupakan kategori tertinggi dalam penilaian pengarusutamaan gender (PUG).

Dede mengemukakan, merupakan prestasi yang sangat menggembirakan apabila penilaian tersebut dapat dipertahankan sampai tim dari pusat melakukan verifikasi. Terkait itu, Parepare berpeluang naik kelas, karena dalam penilaian sebelumnya Parepare meraih predikat madya.

Dede mengungkapkan, inovasi terbaru yang ditawarkan oleh Tim Penyusun APE Pemkot Parepare yaitu perencanaan dan penganggaran responsif gender (PPRG) di tingkat kelurahan yang tersebar di 4 kecamatan. Inovasi ini mendapat apresiasi dari DP3A Provinsi Sulsel, karena jadi yang pertama di Sulsel.

"Tak heran jika Pemerintah Kabupaten Pangkep telah melakukan studi tiru dengan inovasi Parepare," jelasnya.



Karena itu, kata Dede lagi, pihaknya berharap, seluruh pihak, baik itu SKPD, swasta, maupun stakeholder pendukung lainnya turut membantu Tim Penyusun APE dengan memberikan data dan informasi yang sesuai dengan apa yang ada di tempat masing-masing. Sehingga, jawaban yang tertuang dalam penilaian sesuai dengan dokumen yang telah diserahkan ke Tim Penyusun APE.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2512 seconds (0.1#10.140)