alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Serangan Fasilitas Minyak Saudi Hampir Pasti Didukung Oleh Iran

Agus Nyomba
Serangan Fasilitas Minyak Saudi Hampir Pasti Didukung Oleh Iran
Iran diklaim hampir pasti dibalik serangan kilang minyak Arab Saudi akhir pekan lalu. Foto: Istimewa

SAUDI - Iran disebut hampir pasti terlibat pada serangan drone yang menargertkan, kilang minyak Saudi Arabia pada akhir pekan lalu.

Meski gerakan Yaman Houthi sebelumnya mengklaim bertanggung jawab atas serangan pesawat tak berawak terhadap fasilitas minyak Abqaiq dan Khurais, yang dilakukan pada hari Sabtu.

Namun Amerika Serikat dan sekutunya tetap menyalahkan Iran atas insiden tersebut; sementara Teheran membantah tuduhan itu.



"Hampir pasti itu didukung Iran," klaim Pangeran Khalid bin Bander bin Sultan Al Saud, seorang duta besar untuk London.

"Kami berusaha untuk tidak bereaksi terlalu cepat karena hal terakhir yang kami butuhkan adalah lebih banyak konflik di wilayah ini," katanya.

"Kami sedang menyelidiki masalah ini. Kami sedang bekerja dengan mitra kami di Amerika Serikat, PBB, Inggris, dan siapa pun yang ingin terlibat, untuk membantu kami menyelesaikan apa yang terjadi, mencari tahu apa yang terjadi, dari mana mereka berasal, serangan itu," lanjutnya.

Menurut sebuah pernyataan dari pasukan bersenjata Houthi, yang disiarkan oleh saluran TV Almasirah, kelompok itu meluncurkan sepuluh pesawat tanpa awak yang menargetkan kilang minyak Abqaiq dan Khurais.
Pernyataan itu juga mengatakan serangan akan berlanjut sampai kerajaan menghentikan operasi militernya di Yaman, tempat Saudi melakukan serangan terhadap gerilyawan untuk mendukung Abdrabbuh Mansur Hadi di tengah perang saudara.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Iran Amir Hatami bersikeras bahwa Teheran tidak memainkan peran dalam serangan itu.

"Jelas sekali, itu adalah bentrokan militer antara kedua negara. Yaman adalah salah satu pihak, mereka mengatakan diri mereka melakukannya," kata menteri seperti dikutip kantor berita ISNA.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook