alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kemendagri Harus Buka Ruang Konsultatif Buat Pemerintah Daerah

Eky Hendrawan
Kemendagri Harus Buka Ruang Konsultatif Buat Pemerintah Daerah
Bupati Bantaeng Ilham Azikin saat menjadi narasumber pada acara Indonesia Malam di MNC News, Rabu, (18/09/2019). Foto: Istimewa

BANTAENG - Kementerian dalam negeri (Kemendagri) diharap bisa membuka ruang konsultatif buat seluruh pemerinta daerah.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Bantaeng, Ilham Azikin saat menjadi narasumber dalam acara Indonesia Malam di MNC News, Rabu, (18/09/2019). Acara ini dijadwalkan tayang pekan depan di iNews TV Nasional.

Dalam kesempatan itu, Bupati Bantaeng, Ilham Azikin membahas tentang posisi strategis Kemendagri sebagai poros penerintahan dalam negeri dan tantangan pembangunan sistem politik Indonesia ke depan.



Bupati bergelar doktor pemerintahan ini banyak menekankan peran Kemendagri dalam pemerintahan daerah. Dia menyebut, Kemendagri ke depan bukan sekadar pengawas.

"Bukan hanya sebagai pengawas tetapi lebih bertindak sebagai supervisi dan senantiasa membuka ruang konsultatif bagi pemerintah daerah," jelas dia.

Narasumber lainnya adalah Dekan Politik Pemerintahan, IPDN, Muhadam Labolo. Dia banyak mengulas tentang peran Kemendagri untuk menjaga persatuan dan keberagaman daerah diseluruh Indonesia.

"Jangan sampai otonomi yang diberikan kepada daerah jadi kebablasan seperti dapat mengancam persatuan indobesia," jelas dia.

Narasumber lainnya adalah Kepala Pusat Penerangan Depdagri, Bachtiar. Dia mengarakan, posisi kepala daerah menghadapi tantangan cukup besar. Tantangan itu adalah harus melaksanakan program nasional.

"Di satu sisi, kepala daerah juga harus menuaikan janji politiknya pada saat kampanye," jelas dia.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif