alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Lahan TPA Mamminasata Seluas 100 Hektare di Pattallassang Siap Pakai

Herni Amir
Lahan TPA Mamminasata Seluas 100 Hektare di Pattallassang Siap Pakai
TPA Tamangapa terbakar beberapa waktu lalu. Di sisi lain, lahan untuk TPA Mamminasata dipastikan telah siap digunakan. Foto: SINDOnews/Muctamir Zaide

SUNGGUMINASA - Lahan seluas 100 hektare di Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa yang akan digunakan sebagai tempat pembuangan akhir (TPA) regional untuk Kota Makassar, Sungguminasa, Maros, Takalar (Mamminasata) siap pakai.

Kesiapan penggunaan lahan itu disampaikan oleh Bupati Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

"Lahannya sangat siap. Kemarin ada rapat di Pemprov, Pak Sekda yang saya utus mewakili Pemkab Gowa," ungkapnya, Rabu (18/9/2019).



Adnan sebelumnya pernah menyayangkan mangkraknya pembangunan TPA Mamminasata yang sudah dilakukan sejak 2011 lalu. Apalagi beberapa tahapan pengerjaan sudah dilakukan.

Mulai dari pembebasan lahan, menyelesaikan master plan, penyusunan analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal), sampai dengan detail engginering design (DED).

"Sayang kalau diabaikan begitu saja. Karena itu saat bertemu dengan Dirjen PU saya meminta ini ditinjau ulang agar pembangunannya bisa dilanjutkan," ungkapnya.

Karena itu, dia mendukung jika wacana pembangunan TPA Maminasata kembali dilanjutkan. Apalagi ini sudah ada sejak masa Syahrul Yasin Limpo menjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel).

Adnan berharap, komunikasi antara empat kabupaten yang terlibat didalamnya bersama pemerintah Provinsi bisa membuahkan hasil.

Diketahui, TPA Mamminasata berdiri di atas lahan 100 hektare yang telah dibebaskan menggunakan anggaran Rp100 miliar melalui APBD Provinsi Sulsel.

Berdasarkan rencana, TPA Mamminasata ini akan dilengkapi fasilitas daur ulang sampah organik dan non organik khususnya sampah plastik dan logam.
Sampah yang masuk di TPA ini akan dibagi dalam empat tempat tertentu berdasarkan jenisnya untuk memudahkan pengolahannya.

Selain itu, akan dibangun fasilitas komposting sampah organik untuk menghasilkan pupuk ramah lingkungan.



(man)

loading...
Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif