alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Militer Saudi Sebut Serangan Kilang Minyak Mereka Disponsori Iran

Agus Nyomba
Militer Saudi Sebut Serangan Kilang Minyak Mereka Disponsori Iran
Rudal yang ditembakkan ke kilang minyak Saudi dikumpulkan oleh militer Arab Saudi. Foto: Istimewa

SAUDI - Kementerian Pertahanan Saudi memastikan, serangan terhadap dua fasilitas kilang minyak mereka pada Sabtu lalu disponsori oleh Iran.

Hal itu disampaikan pada hari Rabu, (18/09/2019) saat Kementerian Pertahanan Saudi mengadakan konferensi pers untuk menunjukkan kepada wartawan apa yang digambarkannya sebagai rudal jelajah Iran dan Delta Wing unmanned aerial vehicles (UAV).

Berbicara di konferensi itu, juru bicara departemen itu yakni Kolonel Turki al-Maliki mengatakan bahwa, serangan terhadap fasilitas minyaknya "disponsori oleh Iran."



"Serangan itu diluncurkan dari utara dan disponsori oleh Iran," katanya dalam konferensi pers seperti dilansir dari Sputnik.

"Kami sedang bekerja untuk mengetahui titik peluncuran yang tepat," tambah pejabat itu.

Menjelaskan rudal jelajah, jurubicara itu mengatakan bahwa itu adalah rudal serangan darat dengan mesin jet yang terpasang padanya, tetapi gagal meledak.

Pada hari Sabtu, Arab Saudi harus menutup dua fasilitas minyak Saudi Aramco di Abqaiq dan Khurais, setelah serangan pesawat tak berawak yang diklaim oleh Houthi Yaman menyebabkan kebakaran besar. Insiden itu menyebabkan pengurangan produksi minyak sebesar 5,7 juta barel per hari, yang merupakan sekitar setengah dari produksi minyak harian Arab Saudi.

Setelah serangan itu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo tidak membuang banyak waktu dalam menyalahkan serangan terhadap Iran, sementara yang terakhir membantah tuduhan itu.

Dua hari kemudian, Presiden AS Donald Trump mengatakan dalam pertemuan dengan Putra Mahkota Bahrain Salman bin Hamad Al-Khalifa bahwa berdasarkan bukti yang dilihatnya, tampaknya Iran bertanggung jawab atas serangan itu.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook