alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemprov Gusur Lapak Pedagang di Depan Kantor Gubernuran

Syachrul Arsyad
Pemprov Gusur Lapak Pedagang di Depan Kantor Gubernuran
Tim terpadu Pemprov Sulsel yang tergabung personil biro aset, biro hukum, Dishub Sulsel dan satpol PP melakukan penertiban lahan di depan kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Kamis (19/09/2019) siang tadi. Foto : SINDOnews/Syachrul Arsyad

MAKASSAR - Tim terpadu Pemprov Sulsel yang tergabung personil biro aset, biro hukum, Dishub Sulsel dan satpol PP melakukan penertiban lahan di depan kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Kamis (19/09/2019) siang tadi.

Dalam tindakan tersebut, tim terpadu menggusur beberapa lapak pedagang yang selama ini berdiri di atas aset lahan Pemprov Sulsel. Pedagang yang merasa dirugikan sempat adu mulut dengan petugas, namun penertiban aset tetap berjalan.

Kepala Bagian Pengamanan Aset Biro Pengelolaan Barang dan Aset Daerah Setda Sulsel mengatakan, penertiban aset untuk mempertegas hak kepemilikan lahan pemprov itu. Pasalnya sebelumnya, lahan seluas 8.000 meter persegi itu sempat digugat masyarakat di pengadilan.



Makanya, penertiban itu juga dilakukan dengan pemasangan papan bicara. Dimana isinya menegaskan aset milik Pemprov Sulsel berdasarkan putusan Mahkamah Agung Nomor: 854 PK/PDT/2018 Tanggal 30 November 2018 juncto Nomor: 1700/K/PDT/2014 tanggal 13 Agustus 2015 yang membatalkan putusan Pengadilan Tinggi Makassar Nomor: 230/PDT/2013/PT. MKS tanggal 12 November 2013 juncto Nomor: 298/PDT.G/2011/PN.MKS tanggal 27 Maret 2013.

"Intinya pengamanan aset ada tiga, yaitu tertib fisik, administrasi, dan tertib hukum. Yang dilaksanakan hari ini adalah tertib hukum. Karena berdasarkan keputusan mahkamah agung itu dimenangkan Pemprov Sulsel," ujar Adnan yang ditemui SINDOnews di lokasi penertiban.

Diketahui, di atas lahan itu juga masih beroperasi kantor UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Makassar. Namun kata Adnan, statusnya hanya lahan pinjam pakai.

Adnan menambahkan, pasca penertiban aset ini juga menyusul adanya rencana Pemprov Sulsel bakal membangun kantor pusat penanggulan bencana di atas lahan itu.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook