alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Nurdin Abdullah Masuk Bursa Menteri Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Suwarny Dammar
Nurdin Abdullah Masuk Bursa Menteri Kabinet Jokowi-Maruf
Nurdin Abdullah masuk bursa menteri untuk kabinet Jokowi-Maruf Amin. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Nama Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, masuk bursa menteri kabinet Presiden dan Wapres RI periode 2019-2024, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Itu merujuk program 'Bantu Jokowi Cari Menteri' dari salah satu media online nasional. Dalam program ini, ada enam kandidat yang diusulkan pembaca dan sudah dibahas oleh pakar dalam Focus Group Discussion (FGD).

"Hasilnya adalah 6 nama selain menteri yang menjabat saat ini. Nama menteri incumbent akan turut diusulkan ke Jokowi tanpa melalui polling. Kini, Detikers bisa isi polling 'Bantu Jokowi Cari Menteri'. Yuk ikutan detik ini juga!," berikut tertulis dalam poling Bantu Jokowi Cari Menteri yang akan berlangsung hingga 11 hari mendatang.

Dari pantauan SINDOnews, nama Nurdin Abdullah masuk bursa menteri di bawah Kementerian Bidang Perekonomian. Mantan Bupati Bantaeng dua periode ini masuk kandidat dua menteri yakni Menteri Pertanian serta Menteri Desa Daerah Tertinggal dan Imigrasi.



Untuk jabatan Menteri Pertanian, selain Amran Sulaiman yang berstatus incumbent, ada enam nama yang masuk bursa. Rinciannya yakni Bayu Krisnamukti, Nurdin Abdullah, Dwi Andreas Sentosa, Arif Satria, Edhy Prabowo dan Spudnik Sujono.

Sedangkan untuk jabatan Menteri Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, enam kandidat dalam program itu adalah Soekarwo, Tri Rismaharini, Ganjar Pranowo, Abdullah Azwar Anas, Eriko Sotarduga dan Nurdin Abdullah. Adapun inkumben menteri ini adalah Eko Putro Sandjojo.

Masuknya Nurdin Abdullah dalam bursa menteri bukan untuk kali pertama. Saat pemerintahan periode pertama Jokowi-Jusuf Kalla pada 2014 lalu, nama Nurdin Abdullah juga santer disebut masuk sebagai kandidat menteri. Namun, hingga akhirnya kabinet diumumkan, Nurdin Abdullah yang baru setahun menjabat Gubernur Sulsel ternyata tidak masuk.

Nurdin Abdullah kerap dihubungkan masuk bursa menteri lantaran dianggap memiliki kinerja bagus, khususnya saat menjabat Bupati Bantaeng. Selain itu, latar belakang pendidikan Gubernur Sulsel tersebut juga cukup meyakinkan. Nurdin Abdullah merupakan guru besar kehutanan dan pernah mengenyam pendidikan di negeri sakura Jepang.

Modal lain, Nurdin Abdullah sudah terbukti mampu membangun Kabupaten Bantaeng selama 10 tahun. Kabupaten yang kecil dan terbatas APBD kini menjadi daerah nomor satu di Indonesia dalam konsep pembangunan. Hal tersebut diklaim berkat tangan dingin dari sosok pekerja keras Nurdin Abdullah.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook