alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

18 Desa di Wajo Belum Bermohon Pencairan ADD Tahap Kedua

M Reza Pahlevi
18 Desa di Wajo Belum Bermohon Pencairan ADD Tahap Kedua
Masih ada 18 desa di Wajo belum bermohon pencairan anggaran dana desa. Foto: Sindonews/Ilustrasi

WAJO - Sebanyak 18 desa di Kabupaten Wajo belum bermohon melakukan pencairan anggaran dana desa (ADD) dan dana desa (DD) tahap kedua.

Berdasarkan data yang ada, saat ini jumlah desa yang telah melakukan pencarian yakni 103 desa dan 21 desa lainnya masih dalam proses verifikasi administrasi dan 18 desa belum bermohon.

"Kami sudah beberapa kali melayang surat penyampaian, namun masih ada beberapa desa yang belum mengajukan permohonan pencairan ADD dan DD tahap kedua. Padahal saat ini sudah hampir masuk ke pencairan tahap ke tiga," tutur Kepala DPMD Kabupaten Wajo Syamsul Bahri.



Ia menjelaskan, mekanisme pencairan ADD dan DD dalam Peraturan Bupati (Perbup) berdasarkan yang tertuang di dalam Peraturan Menteri Desa (Permendes) dan Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu), pencairan baru dapat dilakukan ketika beberapa dokumen laporan realisasi dan konsolidasi sudah dilengkapi.

Selain itu kata dia, dokumen realisasi kegiatan yang telah terlaksana juga turut dilampirkan sebagai dokumen pendukung.

"Laporan Pertanggungjawaban memang dibuat di akhir tahun, namun dokumen seperti realisasi kegiatan dan konsolidasi tetap harus dirampungkan sebagai syarat pencairan ADD dan DD tahap ke II," jelasnya.

Olehnya itu, ia menghimbau kepada seluruh desa yang belum melakukan permohonan pencairan ADD dan DD tahap ke II, agar segera merampungkan berkas sesuai dengan regulasi yang ada.

Bupati Wajo Amran Mahmud mengatakan, sebisa mungkin akan mempermudah semua layanan yang ada di Kabupaten Wajo, asal berjalan sesuai regulasi yang ada.

Adanya keterlambatan pencairan ADD dan DD disebabkan ada beberapa dokumen sebagai persyaratan yang masih belum dilengkapi oleh sebahagian desa, sehingga menurutnya permohinan pencairan dana tersebut mengalami keterlambatan

"Tidak ada yang dipersulit, hanya saja diminta untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkan," pungkasnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif