alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dituduh Dalang Serangan Kilang Minyak Saudi, Iran Beri Respon Tegas

Agus Nyomba
Dituduh Dalang Serangan Kilang Minyak Saudi, Iran Beri Respon Tegas
Bukti serpihan drone yang menyerang kilang minyak Arab Saudi. Pesawat tak berawak tersebut disebut merupakan buatan Iran. Foto: Istimewa

TEHERAN - Pemerintah Iran memberikan respon tegas, setelah dituduh mensponsori serangan terhadap dua fasilitas kilang minyak Arab Saudi akhir pakan lalu.

Bahkan Menteri Luar Negeri Amerika Serika (AS) Mike Pompeo mengklaim bahwa itu "tindakan perang" oleh Iran.

Menanggapi hal itu, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan bahwa Republik Islam tidak akan mentolerir serangan terhadap negara dan akan menanggapi dengan "perang habis-habisan".



"Saya membuat pernyataan yang sangat serius bahwa kami tidak menginginkan perang; kami tidak ingin terlibat dalam konfrontasi militer. Tetapi kami tidak akan berkedip untuk mempertahankan wilayah kami," kata Mohammad Javad Zarif yang dilansir dari Sputnik, Kamis, (20/09/2019).

Zarif juga menuduh Amerika Serikat (AS) menghindari kewajibannya untuk mengeluarkan visa bagi delegasi PBB dari Iran.

Ketegangan di Timur Tengah meningkat pekan lalu setelah serangan pesawat tak berawak menyebabkan kebakaran pada fasilitas minyak Saudi di Abqaiq dan Khurais, yang mengakibatkan kerugian minyak besar. Gerakan Houthi Yaman, yang berperang melawan kerajaan, mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Namun, Riyadh menuduh Iran berada di balik insiden itu, mengatakan bahwa serangan udara tak berawak dan rudal yang digunakan dalam operasi itu dibuat di Republik Islam.

Teheran telah membantah tuduhan itu, menyatakan bahwa Arab Saudi tidak memiliki bukti untuk mendukung klaim mereka.

Setelah serangan itu, Riyadh juga bergabung dengan koalisi maritim pimpinan AS yang bertujuan mengawal kapal-kapal di kawasan dekat perbatasan Iran.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook