alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Antisipasi Over Kapasitas, TPA Antang Bakal Diperluas

Vivi Riski Indriani
Antisipasi Over Kapasitas, TPA Antang Bakal Diperluas
TPA Antang bakal diperluas untuk mengantisipasi over kapasitas yang kemungkinan terjadi pada tahun depan. Foto: SINDOnews/Muchtamir Zaide

MAKASSAR - Wacana pemindahan tempat pembuangan akhir (TPA) Tamangapa atau biasa dikenal TPA Antang ke lokasi lain tampaknya sulit terwujud. Pemkot Makassar mengisyaratkan akan mempertahankan TPA tetap di daerah Tamangapa, Kecamatan Manggala.

Selain rencana membangun pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa), Pemkot melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar berencana menambah luas lahan di TPA Antang sekitar tiga sampai lima hektar. Rencana ini sebagai langkah antisipasi sebab TPA Antang diperkirakan mengalami kelebihan kapasitas pada 2020 mendatang.

Plt Kepala DLH Kota Makassar, Andi Iskandar, mengaku telah mengajukan proposal perluasan lahan TPA Tamangapa ke Penjabat Wali Kota Makassar. Upaya ini diakui sebagai salah satu langkah antisipasi pemenuhan ketersediaan lahan di tahun mendatang.



Hanya saja, pihaknya belum bisa memastikan besaran porsi anggaran untuk pembabasan lahan yang ada di TPA. Pasalnya, itu menjadi kewenangan Dinas Pertanahan selaku instansi teknis. “Kita sudah buat proposal untuk pembebasan lahan di TPA Antang, lahan ini nanti untuk pemenuhan pembuangan sementara," singkat Iskandar, kepada SINDOnews.

Selain menyiapkan ketersediaan lahan untuk penampungan sementara, kata Iskandar, saat ini pihaknya juga fokus pada rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa).

Sebab, menurutnya pembangunan PLTSa di TPA Tamangapa sangat mendesak lantaran dinilai sebagai salah satu solusi jangka panjang untuk mengatasi persoalan persampahan di Kota Makassar.

Sehingga, jika PLTSa ini sudah beroperasi maka masyarakat tidak perlu khawatir lagi akan bahaya kebakaran yang setiap tahun terjadi, termasuk ancaman over kapasitas di tahun mendatang. “Kalau PLTSa itu jalan mudah-mudahan kendala yang selama ini kita hadapi seperti pembuangan yang semakin bertambah volumenya itu sudah bisa kita atasi," ujarnya.

Iskandar menyebutkan rencana pembangunan PLTSa telah berada pada tahap pembahasan pra feasibility study. Selanjutnya, akan dilakukan market sounding untuk memperkanalkan proyek PLTSa TPA Tamangapa kepada seluruh investor agar mau menanamkan modalnya pada akhir September ini atau paling lambat awal Oktober mendatang.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook