alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Makassar Masuk Wilayah Pengembangan Kota Metropolitan Baru

Koran Sindo
Makassar Masuk Wilayah Pengembangan Kota Metropolitan Baru
Makassar masuk satu dari enam kota yang masuk pengembangan wilayah metropolitan baru di luar Pulau Jawa. Foto: Istimewa

JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro, mengungkapkan pemerintah akan mengembangkan enam kota metropolitan baru di luar Pulau Jawa dalam lima tahun mendatang. Hal ini dilakukan guna menggenjot investasi di Tanah Air.

Keenam metropolitan di luar Jawa yang dimaksud adalah Medan (Sumatera Utara), Palembang (Sumatera Selatan), Banjarmasin (Kalimantan Selatan), Denpasar (Bali), Makassar (Sulawesi Selatan), dan Manado (Sulawesi Utara). Kota-kota tersebut di luar rencana pengembangan ibu kota baru di Kalimantan Timur yang ditargetkan mulai dihuni secara bertahap pada 2024.

Bambang mengungkapkan alasan enam kota itu akan dijadikan metropolitan baru adalah untuk meningkatkan sektor pertumbuhan ekonomi yang merata di wilayah Indonesia. "Sekarang Jabodetabek tidak layak jadi metropolitan, sekarang lebih ke barat dan timur dan selatan. Jadi, Jakarta itu nanti seperti New York," ucapnya di Jakarta, Rabu (19/9/2019) kemarin.



Sejumlah daerah merespons positif rencana pengembangan kota metropolitan baru di luar Pulau Jawa. Harapannya, rencana tersebut bisa mendorong aktivitas ekonomi tumbuh lebih cepat yang berujung pada pemerataan wilayah Nusantara.

Selama ini Pulau Jawa memang masih menjadi pusat pertumbuhan ekonomi nasional. Wilayah ini menyumbang 58% dari total produk domestik bruto (PDB). Di sisi lain, beberapa wilayah terutama di kawasan Indonesia timur masih berpotensi untuk dikembangkan.

Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Samad Suhaeb, menyambut positif program pengembangan metropolitan baru yang dicanangkan pemerintah pusat. Dalam pandangannya, sejak penduduk Makassar mencapai 1 juta jiwa, pengembangan kota metropolitan di kota itu sebenarnya sudah dilakukan. Apalagi Makassar adalah pintu gerbang Indonesia Timur.

Menurut Iqbal, semua fasilitas pelayanan sudah juga dibuat dan dipersiapkan sejak lama, seperti bandara dan pelabuhan. Dia menyebut, tahun depan kapasitas bandara akan ditingkatkan tiga kali lebih luas dari sisi terminal maupun panjang landasan pacunya. “Kami akan jadi city airport, demikian pula pelabuhan laut juga sudah dikembangkan tiga kali lipat dari kapasitas yang tersedia, baik untuk kontainer maupun penumpang. Akan ada direct call sehingga bisa ekspor langsung,” ujarnya.

Dia menambahkan, sebenarnya sudah lama Pemkot Makassar mempersiapkan kota baru metropolitan, yakni sejak adanya konsep Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3I) untuk koridor Sulawesi. “Jadi, sudah dipersiapkan sejak lama, sejak Makassar ditetapkan sebagai pusat pengembangan Indonesia timur,” pungkasnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif