alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bersaing Dengan 202 Daerah, Gowa Optimistis Raih Kabupaten Sehat

Herni Amir
Bersaing Dengan 202 Daerah, Gowa Optimistis Raih Kabupaten Sehat
Bupati Gowa Adnan Purichta Adnan saat menerima tim verifikasi kabuaten sehat. Foto : SINDOnews/Herni Amir

SUNGGUMINASA - Kabupaten Gowa bersaing dengan 202 kabupaten/kota se Indonesia untuk dinobatkan menjadi kabupaten/kota sehat (KKS). Tim Verifikasi Lapangan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Nasional Abdul Malik mengatakan, berdasarkan usulan, terjadi peningkatan kabupaten yang ikut serta pada KKS ini. Jika dulunya hanya 173 kabupaten/kota se-Indonesia yang ikut, maka tahun ini meningkat hingga 202 kabupaten/kota.

"Karena itu kami akan betul-betul memeriksa komitmen pemerintah kabupaten kota, salah satunya di Kabupaten Gowa ini,"ungkapnya, Jumat (20/09/2019).

Abd Malik menjelaskan, tujuan kedatangan tim verifikasi yakni untuk mencocokkan kondisi di lapangan dengan apa yang telah dilaporkan oleh Forum Kabupaten Sehat kepada pusat.



Tim verifikasi sendiri berasal dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, dan Kementerian Kesehatan, bersama tim provinsi.

Selain memeriksa komitmen dari pemerintah daerah lanjut Abdul Malik, tim juga akan memeriksa alur sistem perencanaan dan melihat bukti lapangan untuk menjadikan kabupaten Gowa ini kabupaten yang sehat sesuai dengan ketentuan yang ada.

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, yang menerima kedatangan tim verifikasi mengaku termotivasi untuk kerja bersama dalam mewujudkan Gowa sebagai Kabupaten Sehat.

"Selamat datang tim verifikasi kabupaten sehat, ini memang menjadi motivasi bagi kita semua untuk selalu kerja bersama, demi meraih target kita yaitu predikat tertinggi Swasti Saba Wistara di," bebernya.

Adnan menjelaskan, untuk meraih target itu, dirinya menambah tatanan sebanyak tujuh tatanan yang telah ditetapkan pada masing-masing lokus di 18 kecamatan, 167 desa/kelurahan.

"Tahun ini kita tambah lagi dua agar mampu meraih penghargaan tersebut, sehingga di 2019 ini ada tujuh tatanan yang kita laksanakan dan Forum Kabupaten Sehat telah menyiapkan lokus untuk masing-masing tatanan ini," tukas Adnan.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif