alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ini Instruksi Presiden Jokowi Terkait Penanganan TPA Antang

Tri Yari Kurniawan
Ini Instruksi Presiden Jokowi Terkait Penanganan TPA Antang
Presiden Jokowo menginstruksikan agar seluruh stake holder bersinergi melakukan pengawasan pasca-kebakaran hebat di TPA Antang. Foto: SINDOphoto/Maman Sukirman.

MAKASSAR - Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi ternyata memberikan atensi terkait permasalahan TPA Antang di Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sulsel. Orang nomor satu di Indonesia itu bahkan telah memberikan instruksi terkait penanganan pusat pembuangan sampah usai dilanda kebakaran hebat dan menimbulkan polusi asap di dua kabupaten.

Instruksi Presiden Jokowi itu disampaikan oleh Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb. Kata Iqbal, Presiden Jokowi meminta seluruh pihak bersinergi mengingat penanganan TPA Antang, tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri. Pasca-kebakaran, kata dia, juga diminta agar seluruh stake holder bersama-sama melakukan pengawasan agar tidak terulang.

"Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan dan meminta kepada seluruh stakeholder untuk melakukan pengawasan," kata Iqbal, dalam keterangan persnya di Makassar, Jumat (20/19/2019).



Penanganan TPA Antang pasca kebakaran, lanjut Iqbal, bukanlah masalah sektoral saja, melainkan sudah menjadi tanggung jawab bersama. Lintas sektoral seluruh unit kerja dinas, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat harus bersinergi. Presiden Jokowi sendiri sudah menginstruksikan aparat TNI dan Polri untuk terjun langsung mengawasi.

Instruksi serupa juga telah disampaikan Iqbal saat menggelar rapat kordinasi bersama Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Pemerintah Kecamatan Manggala, dan Brigade Manggala Agni di TPA Antang, Rabu (18/9/2019) lalu.

Saat ini, kondisi TPA Antang berangsur-angsur normal, seiring berbagai upaya yang dilakukan oleh Dinas Pemadam Kebakaran, UPTD TPA Tamangapa dan Brigade Manggala Agni KLHK.

"Mari kita sama-sama mendoakan upaya bersama dari Pemkot Makassar, Pemprov Sulsel, pemerintah pusat, dan TNI-Polri dalam menormalkan kembali kondisi TPA Antang berjalan lancar tanpa hambatan sehingga warga Makassar bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala," pintanya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif