16 Peserta Masuk Grand Final Duta Mahasiswa Kampus Islami

Jum'at, 29 Januari 2021 - 15:01 WIB
loading...
16 Peserta Masuk Grand Final Duta Mahasiswa Kampus Islami
Sebanyak 16 peserta masuk grand final Pemilihan Duta Mahasiswa Kampus Islami UMI. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Sebanyak 16 peserta dari sejumlah fakultas, berhasil masuk pada Grand Final Duta Mahasiswa Kampus Islami Universitas Muslim Indonesia (UMI) .

Pertemuan para peserta tersebut berlangsung secara virtual lewat aplikasi zoom, Rabu (27/1/2021).

Rektor UMI , Prof Basri Modding, mengharapkan kepada peserta , menjadikan pemilihan duta mahasiswa kampus Islami UMI ini sebagai sarana untuk mengembangkan karakteristik dan kualitas diri serta memotivasi diri untuk terus berinovasi dan meningkatkan kreatifitas yang dapat memajukan institusi.



“Jika semua syarat dan indikator yang ditetapkan panitia, anak-anakku mampu melewati, saya pikir ini luar biasa. Bisa membuat karya tulis, public speaking, penampilan, wawasan keumian, kesilaman dan penegetahuan umum," kata dia.

Selain itu, dirinya mengatakan para peserta juga memiliki bakat dan keterampilan seperti pengusaan bahasa asing. "Untuk itu, Saya mengharapkan kepada mahasiswa yang nantinya terpilih, dapat melakukan aksi nyata dalam memberikan contoh keteladanan yang patut ditiru oleh seluruh mahasiswa UMI ," ujar Prof Basri.

Mantan Direktur Program Pascasarjana UMI ini menyebutkan bahwa, jika telah ditetapkan menjadi duta mahasiswa kampus Islami, akan dibutuhkan untuk sejumlah program dan kegiatan penting di UMI misalnya pagelaran Internasional Konferens serta membantu mewujudkan citra UMI sebagai lembaga Pendidikan dan dakwah yang memiliki visi melahirkan lulusan yang berilmu amaliah, beramal ilmiah, berakhlakul karimah dan berdaya saing tinggi.

"Anak-anakku mewakili fakultas masing-masing sebagai mahasiswa dan mahasiswi yang terpilih sebagai duta mahasiswa, kalian merupakan individu-individu terbaik di UMI dengan kemampuan dan karakter yang patut diteladani," katanya.

Ketua Panitia Pemilihan Duta Mahasiswa Kampus Islami Tahun 2021, Dr Ishaq Shamad, melaporkan bahwa pemilihan Duta Mahasiswa Kampus Islami merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk memilih wakil mahasiswa UMI yang dapat mempromosikan program unggulan UMI sebagai lembaga Pendidikan dan dakwah melalui berbagai event yang dilaksanankan UMI.



Selain itu, kata dia, Duta Mahasiswa Kampus Islami juga diharapkan berperilaku yang mencerminkan visi dan misi UMI sebagai mahasiswa berilmu amaliah beramal ilmiah dan berakhlakul karimah.

Dirinya menambahkan untuk pemilihan Duta Mahasiswa Kampus Islami tingkat universitas para grand finalis akan bersaing untuk mendapatkan predikat juara 1, 2, 3, dan favorit.

"Sejumlah kriteria penilaian antara lain, kemampuan akademik, penguasaan public speaking, wawasan kebangsaan, wawasan ke-UMI-an, pengetahuan umum dan kompetensi Bahasa Asing serta penguasaan materi pencerahan qalbu UMI turut di ujikan," tandasnya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4293 seconds (0.1#10.140)