alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Entaskan Kemiskinan di Gowa, Bappeda Gandeng 3 SKPD

Herni Amir
Entaskan Kemiskinan di Gowa, Bappeda Gandeng 3 SKPD
Bappeda Gowa menggandeng 3 SKPD dalam menerapkan aplikasi Sinangkis. Foto: SINDOnews/Herni AMir

SUNGGUMINASA - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa menggandeng tiga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam penerapan aplikasi sistem informasi penanggulangan kemiskinan (Sinangkis).

Kepala Bappeda Kabupaten Gowa, Taufik Mursad mengatakan, sebagai langkah awal Bappeda Gowa melakukan penandatanganan fakta integritas masing-masing pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA), Dinas Koperasi dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian.

"Aplikasi ini akan dioperasikan oleh SKPD yang mengambil peran dalam upaya penanggulangan kemiskinan sehingga dikerjasamakan lintas SKPD. Ke depan, kerjasama tersebut akan dilakukan bersama 15 SKPD lainnya," ungkapnya, jumat (20/9/2019).



Ia menyebutkan, berdasarkan basis data terpadu (BDT) 2019, data kemiskinan di wilayah Gowa sekitar 78.163 rumah tangga atau 311.824 jiwa.

Hanya saja data tersebut masih akan diverifikasi agar lebih valid sebelum dimasukkan dalam aplikasi dan digunakan oleh pihak SKPD terkait.

Menurut Taufik, kehadiran Sinangkis diharapkan ikut mendorong percepatan penanggulangan kemiskinan. Dimana, akan mempermudah SKPD dalam mempercepat proses identifikasi data yang nantinya akan lebih tepat sasaran.

Khususnya untuk penerima program pemberantasan kemiskinan seperti program keluarga harapan, program bantuan pangan non tunai (BPNT) dan lainnya.

"Ke depan jika pihak SKPD menggunakan aplikasi Sinangkis tersebut sudah lebih jelas sasarannya siapa, dimana, dan apa yang harus dilakukan," paparnya.

Adapun data yang diformulasikan telah berdasarkan BDT yang di dalamnya terdapat 12 kriteria. Antara lain, kriteria yang berhak menerima program bantuan sosial, nama, alamat, NIK, kartu keluarga, status pendidikan, status kesehatan, pemukiman, status sosial dan lainnya.

Dalam aplikasi tersebut juga dilibatkan tim koordinasi penanggulangan kemiskinan dan Dinas Sosial Gowa sebagai pemilik data sebagai tim pengawasan langsung.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook