alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Buka Penjaringan Kandidat, Partai Golkar Tetapkan 12 Syarat

Eky Hendrawan
Buka Penjaringan Kandidat, Partai Golkar Tetapkan 12 Syarat
Partai Golkar mulai membuka penjaringan Calon Bupati Bulukumba, dan menetapkan 12 syarat. Foto: Sindonews/Ilustrasi

MAKASSAR - Partai Golongan Karya (Golkar) Bulukumba mulai membuka tahapan penjaringan calon bupati pada 21 hingga 27 September 2019 mendatang. Dalam penjaringan tersebut, Golkar menetapkan 12 syarat yang menjadi krateria calon yang akan diusung.

Dari 12 poin yang menjadi syarat, ada beberapa poin itu. Golkar akan memprioritaskan calon di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang tidak dalam kondisi pailit atau tidak memiliki tanggungan utang persorangan atau mengatasnamakan perusahaan.

Tim Penjaringan DPD II Partai Golkar Bulukumba, Irwan Nasir mengatakan bahwa beberapa poin kelengkapan administrasi yang didorong harus dilengkapi kandidat. Hal itu sudah menjadi syarat yang dituangkan Tim Penjaringan Golkar untuk memenuhi ketentuan pencalonan.



"Ada 12 poin yang jadi syarat yang harus dipenuhi, 12 poin itu sudah melalui penkajian tingkat DPP untuk kita laksanakan. Jadi syarat itu harus dipenuhi setiap calon yang mendaftar," katanya, Jumat, (20/09/2019).

Irwan menjelaskan bahwa dari 12 poin yang didorong, poin yang menyebutkan bahwa calon yang mendaftar wajib melampirkan surat keterangan tidak memiliki tanggungan atau memiliki utang. Hal itu menurutnya agar pada proses pencalonan nantinya kandidat tidak direpotkan lagi dengan persoalan tanggungan atau utang.

"Calon harus melampirkan keterangan tidak pailit, karena kami tidak mau mengusung calon yang pailit atau memiliki utang. Karena pasti nantinya hanya akan repot untuk menyelesaikan utang, otomatis pemerintahan terganggu," ujarnya.

Diketahui, Golkar memiliki modal empat kursi. Dengan modal itu, beberapa kader Golkar dikabarkan akan ikut bertarung nantinya. Seperti, Ketua Golkar Bulukumba, HA Hamzah Pangki, Legislator Golkar Bulukumba, Abu Talib, dan Pengurus DPP AMPI, Jamaluddin M Syamsir.

Irwan menambahkan, poin lainnya yang menjadi syarat yakni. Calon yang hendak mendaftarkan diri di juga disyaratkan untuk menyertakan keterangan tidak pernah dijatuhi hukuman selama lima tahun.

"Tim penjaringan partai Golkar juga mensyaratkan agar calon yang mendaftarkan menyertakan keterangan tidak pernah menjalani hukuman selama lima tahun penjara," ungkapnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook