alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tekan Angka Pengangguran, Pencari Kerja Dilatih Berwirausaha

Irman Bagoseng
Tekan Angka Pengangguran, Pencari Kerja Dilatih Berwirausaha
Pemkab Sinjai memberikan pelatihan kepada para pencari kerja agar mampu berwirausaha. Foto/Ilustrasi/SINDOphoto.

SINJAI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai menggenjot lahirnya wirausaha baru sebagai bagian dari program penciptaan lapangan kerja sesuai visi misi Bupati Sinjai 2019-2023. Program penciptaan tenaga kerja mandiri dinilai efektif menekan angka pengangguran.

Data Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai, dari Januari-Agustus 2019, terdapat 346 jumlah pencari kerja yang masuk dalam daftar. Dari jumlah tersebut, terbagi atas 206 pencari kerja laki-laki dan 140 pencari kerja perempuan.

Kasi Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai, Andi Putriyani Langgara, mengatakan klasifikasi pendidikan tingkat pencari kerja yang ada di Kabupaten Sinjai adalah lulusan SD, SMP, SMA, dan Diploma serta lulusan S1. Namun yang mendominasi sejak awal tahun, untuk pencari kerja khususnya lulusan SMA/SMK sederajat.



“Upaya Pemkab Sinjai untuk menanggulangi hal itu dengan setiap tahunnya melaksanakan pelatihan-pelatihan khusus ketenagakerjaan melalui program TKM, bidang menjahit, serta pelatihan bidang otomotif serta bengkel las. Ada juga yang dinamakan program padat karya yang dapat menghimpun puluhan tenaga kerja,” ungkapnya.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Sinjai, Firdaus, menambahkan salah satu upaya menanggulangi masalah pengangguran di daerah itu dengan membuat pelatihan bagi para calon pencari kerja. Pola penciptaan wirausaha baru dijalankan lebih efektif.

“Ini merupakan proses kegiatan untuk menciptakan kader wirausaha muda atau pengusaha pemula yang berkualitas. Selain itu untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan teknis kepada para peserta pelatihan,” katanya.

Sementara itu, Bupati Sinjai, Andi Seto Ghadista Asapa, mengatakan kegiatan pelatihan penciptaan wirausaha baru ini merupakan rangkaian kegiatan penciptaan wirausaha baru yang dilaksanakan Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai.

“Kebijakan pembangunan di bidang ketenagakerjaan di Sinjai tentu harus disesuaikan dengan sumberdaya serta kondisi lingkungan setempat secara terpadu. Sehingga dari hasil pembangunan itu dapat meningkatkan kesejahteraan sosial, memperluas kesempatan kerja dan meningkatkan kuantitas dan kualitas hidup masyarakat,” katanya.

Bupati menyadari keberadaan wirausaha memiliki peran penting sebagai motor penggerak ekonomi dan pembangunan. Oleh karena itu sangat diharapkan agar para pelaku usaha ini bersungguh-sungguh dalam menjalankan roda usahanya.

“Sebagai langkah awal Pemerintah akan memberikan bantuan peralatan mesin jahit kepada perwakilan kelompok usaha menjahit. Ini juga merupakan bagian dari program penciptaan lapangan kerja dan wirausaha baru sesuai visi misi Bupati Sinjai 2019-2023," pungkasnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook