Fakultas Teknik Unhas Gelar Webinar Kebencanaan Gempa Sulbar

Jum'at, 29 Januari 2021 - 22:07 WIB
loading...
Fakultas Teknik Unhas Gelar Webinar Kebencanaan Gempa Sulbar
Relawan dari Fakultas Teknik Unhas menyalurkan bantuan untuk korban bencana gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar) beberapa waktu lalu. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Bukan cuma bantuan kemanusiaan dan pengerahan relawan, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) menunjukkan simpati terhadap gempa Sulawesi Barat (Sulbar) dengan menggelar webinar kebencanaan. Kegiatan itu diagendakan berlangsung secara virtual pada Sabtu (30/1/2021) pukul 13.30 Wita hingga pukul 16.30 Wita.

Dekan Fakultas Teknik Unhas , Prof Muhammad Arsyad menyampaikan, webinar kebencanaan gempa Sulbar merupakan bagian dari kegiatan tanggap bencana. Dalam kegiatan tersebut, pihaknya akan memberikan saran keteknikan untuk tahap rehabilitasi dan rekonstruksi kepada pemerintah daerah.



"Ini bagian dari tanggap bencana dengan memberikan saran keteknikan untuk tahap rehabilitasi dan rekonstruksi kepada pemerintah daerah setempat. Seperti asesmen bangunan-bangunan yang rusak di daerah gempa dan lokasi-lokasi rawan gempa yang sebaiknya tidak lagi dijadikan daerah hunian atau pusat bisnis," ujar Arsyad, Jumat (29/1/2021).

Dalam webinar kebencanaan gempa Sulbar , ia melanjutkan, pihaknya juga akan mengedukasi masyarakat di daerah bencana. Semisal bagaimana bahan bangunan yang baik digunakan untuk membangun rumah. "Jangan lagi batu, lebih banyak kayu atau bambu," kata dia.



Adapun pembicara webinar kebencanaan gempa Sulbar merupakan dosen pengajar di Fakultas Teknik Unhas .

Fakultas Teknik Unhas bersama Ikatan Alumni Teknik diketahui bergerak cepat menggalang bantuan untuk korban gempa Sulbar , baik di Mamuju maupun Majene. Adapun bantuan kemanusiaan yang sudah disalurkan meliputi sembako, terpal, tenda, pakaian, susu bayi, obat-obatan dan lain-lain.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2147 seconds (0.1#10.140)