alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ini Bahaya Unggah Foto Selfie atau Groufie di Internet

Intan Rakhmayanti
Ini Bahaya Unggah Foto Selfie atau Groufie di Internet
Mengunggah foto selfie maupun groufie ke internet ternyata mempunyai risiko berbahaya pencurian data dari penjahat siber. Foto/Ilustrasi/Istimewa

JAKARTA - Pengguna smart phone saat ini banyak yang gemar mengabadikan momen dengan berfoto selfie maupun groufie. Foto-foto yang diambil dengan kamera beresolusi tinggi tersebut tidak jarang diunggah ke internet.

Nah, ternyata menggunggah foto selfie maupun groufie ke internet bisa mendatangkan petaka bagi orang yang ada dalam gambar tersebut.

Dijelaskan oleh Direktur Eksekutif Perbanas dan Chairman ID-SIRTII, Richardus Eko Indrajit, foto tersebut bisa menjadi 'kunci' bagi para penjahat siber. Apalagi jika kamera yang digunakan memiliki resolusi tinggi.



"Kalau Anda pakai kamera resolusi tinggi, itu kan retina mata kebaca, kalau ada security yang pakai retina? ya kan?," ungkap Eko.

Menurut dia, kamera yang memiliki teknologi resolusi tinggi akan menghasilkan foto yang lebih tajam. Foto itu lebih mudah dideteksi, hanya dengan memperbesar foto tersebut dibagian tertentu, seperti retina mata dan sidik jari.

"Coba orang Indonesia ayo ayo foto gaya bebas, nunjukin jempolnya. Kalau bagus (resolusi kamera) di zoom kan keliatan sidik jari. Akibatnya kalau ada sistem pakai sidik jari kan bisa kena," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa ada etika saat berfoto dengan orang lain harus ditanyakan terlebih dulu boleh diunggah memposting atau tidak. Setiap individu memiliki hak untuk menyatakan keberatannya.

"Kenapa alasannya macam-macam dari mungkin alasan pribadi enggak mau diketahui. Itu kan urusan masing-masing. Tapi dia berhak untuk tidak ditag," pungkasnya



(tyk)

loading...
Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif