Sekitar 15  Persen CCTV yang Terpasang di Kota Makassar Rusak

Sabtu, 30 Januari 2021 - 07:58 WIB
loading...
Sekitar 15  Persen CCTV yang Terpasang di Kota Makassar Rusak
Ruang war room Pemkot Makassar yanng memantau aktivitas di jalanan dengan CCTV. Foto: Sindonews/dok
A A A
MAKASSAR - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar telah memasang 174 CCTV sejak 2015 lalu. Namun tidak semua bisa digunakan, ada yang rusak dan ada pula yang sengaja dilepas untuk sementara waktu.

Kepala Dinas Kominfo Kota Makassar, Ismail Hajiali menyebutkan dari ratusan CCTV yang terpasang, hanya sekitar 85% berfungsi maksimal. Sisanya, 15% dalam kondisi rusak.

Kata dia, ada juga beberapa CCTV yang sengaja dinonaktifkan alias dicabut karena pengerjaan proyek tol layang di sepanjang Jalan AP Pettarani.



Ismail mengklaim kerusakan yang terjadi diluar kendali instansi terkait. Dia menyebut ada yang rusak akibat kaca layar monitor yang pecah, tiang patah karena tertimpa pohon tumbang, hingga rusak akibat tertabrak pengendara motor.

Bahkan, ada pula CCTV yang siap digunakan namun terkendala terkendala power listrik.

"Jadi ada memang yang terkendala persoalan listrik, dan itu di luar kewenangan saya. Itu di Dinas PU. Andaikan urusan listrik itu ada sama saya, bisa dipasangin semua kilometer atau berkoordinasi langsung dengan pihak PLN," kata dia.

Ismail meminta kepada masyarakat yang menemukan CCTV rusak untuk segera melapor ke Diskominfo supaya bisa dikroscek di lapangan.

"Jadi kalau ada yang tidak berfungsi, kasih ka datanya supaya bisa disinkronkan," ungkap Ismail.

Dia menambahkan, sejak tahun lalu hingga tahun ini, tidak ada anggaran yang disiapkan untuk pengadaan CCTV baru. Sehingga sangat sulit untuk menggantinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3889 seconds (0.1#10.140)