Kisah Mahasiswa di Pelosok Maros: Naik Gunung demi Sinyal untuk Kuliah Online

Sabtu, 16 Mei 2020 - 17:08 WIB
loading...
Kisah Mahasiswa di Pelosok Maros: Naik Gunung demi Sinyal untuk Kuliah Online
Siswa dan mahasiswa di pelosok Kabupaten Maros harus naik ke pegunungan untuk mendapatkan sinyal internet agar bisa belajar atau kuliah online. Foto/Okezone/Herman Amiruddin
A A A
MAROS - Pandemi virus corona atau covid-19 membuat siswa maupun mahasiswa harus belajar maupun kuliah dari rumah secara online. Persoalannya, mereka yang tinggal di pelosok kesulitan mendapatkan sinyal atau jaringan internet . Seperti yang dialami siswa dan mahasiswa di Dusun Malaka, Desa Cenrana Baru, Kabupaten Maros, Sulsel.

Para siswa dan mahasiswa daerah ini harus naik ke pegunungan yang berjarak dua kilometer, dari perkampungan warga untuk mencari jaringan internet. Ya, hanya di lokasi tinggi ini sinyal internet bisa diperoleh sehingga mereka bisa belajar online.

Baca Juga: Mahasiswa di Sulsel Bakal Dapat Bantuan Pulsa untuk Kuliah Online

Di sebuah tanah lapang yang berada di dataran tinggi di pelosok Desa Cenrana, para pelajar dan mahasiswa belajar bersama-sama secara online.

"Proses belajar secara online ini sudah berlangsung dua bulan lamanya sejak diberlakukannya belajar dari rumah demi mencegah penyebaran covid-19," kata Iksan, seorang mahasiswa asal Dusun Malaka, Kabupaten Maros.

Para siswa dan mahasiswa ini menggunakan aplikasi belajar yang terdapat di telepon pintar mereka. Meski berada di atas pegunungan, namun para pelajar dan mahasiswa ini cukup menikmati proses belajar yang mereka ikuti. "Karena seperti ini kami lebih mudah menyerap materi pelajaran yang diberikan guru dan dosen," lanjutnya.



Namun mereka juga berharap pihak penyedia jasa layanan telekomunikasi bisa memberi solusi untuk menyediakan jaringan internet di kampung mereka.

Sementara itu, para orang tua siswa berharap pemerintah dan penyedia jasa layanan telekomunikasi agar dapat membantu kendala yang dihadapi masyarakat selama ini. "Ya semoga ada tower di sini, selain anak sekolah juga demi memenuhi kebutuhan internet dan komunikasi telefon yang dapat membantu perekonomian warga. Mudah-mudahan," kata Kepala Desa Cenrana Baru, Haji Andi Zaenal.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.9869 seconds (0.1#10.140)