alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

AS Tolak Beri Visa Delegasi Iran yang Ingin Hadiri Majelis Umum PBB

Agus Nyomba
AS Tolak Beri Visa Delegasi Iran yang Ingin Hadiri Majelis Umum PBB
Sejumlah delegasi Iran tidak diberi visa saat hendak menghadiri sidang majelis umum PBB di New York. Foto: Istimewa

TEHERAN - Amerika Serikat (AS) dilaporkan menolak mengeluarkan visa untuk sejumlah anggota delegasi, yang menemani Presiden Iran Hassan Rouhani ke Majelis Umum PBB di New York, Parviz Esmaeili.

Hal ini disampaikan oleh wakil kepala staf kantor kepresidenan Iran untuk komunikasi, pada Minggu waktu setempat.

Sebelumnya pada hari Minggu, pemerintahan Rouhani mengatakan bahwa, Presiden Iran akan bertemu dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan Presiden Prancis Emmanuel Macron di sela-sela Majelis Umum PBB.



"Kegagalan untuk mengeluarkan visa bagi delegasi yang menyertai presiden, beberapa wakil kepala staf dan pers bertentangan dengan kewajiban diplomatik yang secara resmi dianggap oleh pemerintah AS sebagai anggota PBB dan negara tuan rumah," kata Esmaeili wakil kepala staf kantor kepresidenan Iran kepada televisi Iran yang dilansir dari Sputnik, Senin, (23/09/2019).

Sebelumnya, Amerika Serikat mengeluarkan visa kepada Presiden Iran Hassan Rouhani dan Menteri Luar Negeri Javad Zarif, untuk menghadiri pertemuan tingkat tinggi di Majelis Umum PBB di New York. Outlet media Iran sebelumnya melaporkan, tanpa menyediakan sumber, bahwa Presiden Iran dan delegasinya, termasuk menteri luar negeri, mungkin tidak menghadiri Majelis Umum PBB, karena mereka masih tidak memiliki visa masuk AS.

Ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan AS. Hubungan secara substansial memburuk tahun lalu setelah Presiden AS Donald Trump menarik negaranya dari perjanjian nuklir 2015 dengan Iran dan mulai mengenakan kembali sanksi.
Pada Mei dan Juni, Washington menyalahkan Iran atas serangkaian insiden keamanan, termasuk serangan terhadap tanker di Teluk Oman, dan telah membangun kehadiran militernya di Timur Tengah.

Baru-baru ini, Washington mengatakan bahwa Iran berada di belakang serangan Sabtu terhadap fasilitas minyak Saudi Aramco. Iran telah menolak tuduhan itu dan menuduh Amerika Serikat berusaha mencari alasan untuk konflik.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook