alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Adnan Kaji Calon Perseorangan dalam Disertasi Program Doktoral Hukum

Herni Amir
Adnan Kaji Calon Perseorangan dalam Disertasi Program Doktoral Hukum
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat melakukan ujian proposal. Foto: Istimewa

SUNGGUMINASA - Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, mengkaji tentang calon perseorangan dalam perhelatan pemilihan kepala daerah dalam judul disertasi ilmu hukum.

Adnan sendiri diketahui saat maju dalam Pilkada Gowa, merupakan calon perseorangan.

Hal ini akan menjadi bahan penelitian untuk bupati termuda kawasan timur Indonesia itu dengan merampungkan program doktor dalam studi Ilmu Hukum Tata Negara di Universitas Hasanuddin.



Adnan menilai, porsi pasangan calon perseorangan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 lebih sedikit dibanding tahun lalu.

Kenyataan itulah yang menjadi alasan Adnan memilih topik tersebut. Tahun 2018, jumlah paslon yang memenuhi syarat (MS) dari jalur perseorangan mencapai 65 atau mencapai 13,71% dari total 474 MS.

"Sementara tahun 2017, sebutnya justru lebih besar. Secara total jumlah paslon jalur perseorangan mencapai 69 atau sekitar 22,26% dari total 310 paslon MS," papar Adnan dalam rilue, Selasa (24/9/2019).

Dengan demikian lanjutnya, porsi paslon dengan dukungan partai politik masih cukup dominan dan cenderung membesar.

Diketahui, Bupati Gowa tersebut telah melaksanakan seminar proposal judul disertasi Senin (23/9/2019) kemarin yang berlangsung di Ruang Seminar Lantai 2 Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Adnan menyusun proposal disertasi dengan judul 'Pengaturan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Kepala Daerah di Indonesia'.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook