alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Skenario Marquez Segel Gelar Juara MotoGP 2019 di Thailand

Okezone
Skenario Marquez Segel Gelar Juara MotoGP 2019 di Thailand
Marc Marquez berpeluang mengunci gelar juara dunia 2019 pada balapan MotoGP Thailand. Foto: MotoGP

MAKASSAR - Peluang Marc Marquez mengunci gelar juara dunia MotoGP 2019 di sirkuit Chang, Thailand pada 6 Oktober mendatang terbuka lebar. Sekalipun, MotoGP musim 2019 masih menyisakan empat seri lagi, termasuk Thailand.

Peluang tersebut tak lepas dari poin Marquez di klasemen sementara saat ini. Ia sudah meraih 300 poin dengan margin 98 poin dari pembalap tim Mission Winnow Ducati, Andrea Dovisiozo di peringkat kedua klasemen sementara.

Lantas bagaiana skenarionya agar Marquez mampu menyegel gelar juara dunia di Thailand? Marquez wajib finis di depan Dovizioso. Sebab, ia paling sedikit harus mengantongi tiga angka untuk membuat jarak poinnya tak lagi bisa dikejar oleh Dovizioso.



Dengan tambahan tiga angka, jarak torehan Marquez dengan Dovizioso akan terpaut 101 poin. Jarak ini pun dipastikan tidak bisa terkejar lagi oleh Dovizioso karena balapan pada musim ini hanya akan menyisakan empat seri. Dari empat seri itu, Dovi hanya mampu merebut poin maksimal 100 angka.

Dengan skenario ini, Marquez minimal harus finis di podium ketiga pada MotoGP Thailand 2019 dan Dovizioso bertengger di urutan keempat. Sebab dengan begitu, Marquez bakal menambah 16 angka di koleksi poinnya sehingga berubah menjadi 316. Sementara itu, Dovizioso akan memperoleh 13 angka tambahan menjadi 215. Jarak poin kedua pembalap pun dipastikan bakal terpaut 101 angka.

Andai Marquez akhirnya tak bisa melakukan skenario tersebut dan persaingan terus berlanjut ke empat seri berikutnya, peluang untuk merebut gelar tetap terbuka lebar untuknya.

Bahkan, jika Dovizioso akhirnya mampu menyamai torehan poin Marquez pada akhir musim nanti, The Baby Alien tetap dipastikan bakal keluar sebagai juara. Sebab, ia memiliki kemenangan yang jauh lebih banyak ketimbang Dovizioso pada musim ini. Marquez total telah mengoleksi delapan kemenangan sejauh ini, sementara Dovizioso baru dua kali naik podium pertama.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook