alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Rusia Tentang Aksi Militer Soal Penanganan Serangan Kilang Minyak Saudi

Agus Nyomba
Rusia Tentang Aksi Militer Soal Penanganan Serangan Kilang Minyak Saudi
Kilang minyak Saudi yang hancur karena mendapat serangan udara, hingga membuat produksi minyak menurun. Foto: Istimewa

NEW YORK - Pemerintah Rusia menentang aksi pengerahan militer, untuk penanganan serangan kilang minyak Arab Saudi yang terjadi pada Sabtu, (14/09/2019) lalu.

Akibat serangan pesawat nirawak ini Arab Saudi terpaksa menutup dua fasilitas minyak Saudi Aramco - Abqaiq dan Khurais. Meski sudah diklaim dilakukan oleh Houthi Yaman yang menyebabkan kebakaran besar.

Insiden itu menyebabkan pengurangan produksi minyak sekitar 5,7 juta barel per hari - sekitar setengah dari produksi minyak harian Arab Saudi.



Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Vershinin mengatakan, bahwa peningkatan kehadiran militer Amerika Serikat (AS) di Timur Tengah tidak akan menyelesaikan ketegangan di Teluk Persia, terutama mengingat serangan baru-baru ini terhadap fasilitas minyak Arab Saudi.

"Kami tidak berpikir bahwa masalah seperti itu dapat diselesaikan dengan peningkatan kehadiran militer. Kami berpikir bahwa semua perincian harus diverifikasi; penyelidikan obyektif [harus dilakukan]. Dalam kasus apa pun, masalah tersebut tidak boleh diselesaikan melalui militer," kata Sergey Vershinin yang dilansir dari Sputnik, Rabu, (25/09/2019).

Kementerian Pertahanan Saudi mengadakan konferensi pers pekan lalu untuk menuduh apa yang disajikan sebagai bukti keterlibatan Iran dalam serangan itu. Teheran membantah tuduhan itu.

Perwakilan Khusus AS untuk Iran, Brian Hook, mengatakan Senin bahwa Timur Tengah berisiko perang jika komunitas internasional terus melakukan apa pun untuk melawan dugaan agresi Iran.

Presiden Iran Hassan Rouhani mencatat pada hari Selasa bahwa Houthi Yaman mempermalukan Washington dengan dapat mencapai sasaran di Arab Saudi karena ketidakefektifan sistem pertahanan rudal AS.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan bahwa, Arab Saudi tidak percaya bahwa Teheran terlibat dalam serangan pesawat tak berawak baru-baru ini pada fasilitas minyak Saudi, meskipun bertentangan dengan pernyataan tentang masalah tersebut.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook