alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bea Balik Nama Kendaraan dan Denda Pajak, Digratiskan!

Tim Sindonews
Bea Balik Nama Kendaraan dan Denda Pajak, Digratiskan!
Kabar gembira bagi masyarakat Sulsel yang memiliki kendaraan bermotor, pasalnya sejumlah pajak kendaraan bakal digratiskan. Foto : SINDOnews/Doc

MAKASSAR - Kabar gembira bagi masyarakat Sulsel yang memiliki kendaraan bermotor, pasalnya sejumlah pajak kendaraan bakal digratiskan.  Kasubbid PAD I Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Awaluddin mengungkapkan pajak yang digratiskan yakni bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) penyerahan kedua, tunggakan, dan denda pajak kendaraan bermotor untuk kendaraan bermotor angkutan umum orang tahun 2015 ke bawah.

"Ini berdasarkan kebijakan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah yang tertuang dalam Keputusan Gubernur Sulsel nomor 1126/VI/Tahun 2019," ucapnya kepada SINDOnews, Rabu (25/09/2019).

Dia menjelaskan, untuk kebijakan menggratiskan BBNKB penyerahan kedua ini diberikan kepada kendaraan bermotor angkutan umum orang yang akan mengubah status kepemilikannya dari perseorangan menjadi berbadan hukum yang memiliki izin penyelenggaraan angkutan umum orang dalam trayek/tidak dalam trayek.



“Kami berharap masyarakat yang mempunyai kendaraan angkutan umum orang tahun 2015 ke bawah segera melakukan balik nama dari nama pribadi menjadi kendaraan berbadan hukum atau melebur ke Koperasi Organda. Biayanya BBN 2 nya gratis termasuk denda dan tunggakan pajak kendaraan tersebut,” tukas Awaluddin.

Ia menambahkan, pemilk kendaraan akan mendapatkan sejumlah keuntungan jika melakukan balik nama dari nama pribadi ke perusahaan angkutan. Antara lain, pajak tahunan kendaraan tersebut menjadi lebih murah karena mendapat insentif sebesar 70 persen dari Bapenda Sulsel, jadi hanya membayar pajak kendaraan sebesar 30 persen.

Keuntungan lain, biaya BBN 2, denda, dan tunggakan pajak dihapuskan. Hal ini hanya berlaku hingga 31 Desember 2019. Ia berharap masyarakat memanfaatkan layanan itu dengan mendatangi samsat sesuai alamat kendaraan yang akan dibalik nama



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook