alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Wartawan di Bone Gelar Aksi Kecam Kekerasan Terhadap Jurnalis

Supriadi Ibrahim
Wartawan di Bone Gelar Aksi Kecam Kekerasan Terhadap Jurnalis
Kelompok wartawan di Bone melakukan aksi solidaritas mengecam kekerasan terhadap jurnalis. Foto: SINDOnews/Supriadi Ibrahim

BONE - Puluhan wartawan di Kabupaten Bone menggelar aksi solidaritas di Bundaran Tugu Jam Kota Watampone, Rabu (25/9/2019).

Mereka yang turun aksi ini berasal berbagai media. Mulai dari media cetak, online dan elektronik. Mereka mengecam kekerasan terhadap Jurnalis yang dilakukan oleh oknum polisi saat unjuk rasa mahasiswa di Makassar.

"Jadi aksi yang kita lakukan hari ini merupakan bentuk solidaritas atas kejadian yang dialami tiga rekan wartawan di Kota Makassar, dianiaya oleh oknum polisi saat liputan aksi mahasiswa penolakan pengesahan UU KPK dan Revisi KUH kemarin," kata Herman salah seorang Jurnalis Bone.



Dia mengatakan, aksi solidaritas wartawan Bone itu juga meminta kepada petinggi Polri agar kasus ini diproses sampai tuntas.

"Jangan hanya permintaan maaf! Ini murni pidana tindak kekerasan secara bersama-sama. Tidak boleh alasan kemitraan sehingga tindakan kekerasan dan pelecehan wartawan tidak diselesaikan secara hukum," jelasnya.

"Kekerasan seperti ini tidak boleh lagi terulang. Oknum yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut harus ditindak tegas," tambahnya.

Sementara itu, Zainal Abidin Sekretaris PWI Bone mengecam tindakan oknum polisi yang menganiaya tiga jurnalis di Kota Makassar.

Menurutnya, jurnalis dalam menunaikan tugasnya dilindungi UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers. Sehingga jurnalis yang bertugas wajib dilindungi, bukan malah mendapatkan kekerasan.

“Saya sebagai pengurus PWI Bone, sangat mengecam oknum polisi yang menganiaya wartawan, kami wartawan bukan pembawa bencana, kami berkerja diatur dan berpedoman dengan UU Nomor 40 tahun 1999 tentang pers," tandasnya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook