alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Akibat Kemarau, Warga di Pangkep Terpaksa Beli Air Bersih

Muhammad Subhan
Akibat Kemarau, Warga di Pangkep Terpaksa Beli Air Bersih
Sejumlah warga mengantri pembagian air bersih gratis oleh PDAM Makassar di Kelurahan Buloa, Makassar, Rabu (25/9/2019). Foto: SINDOnews/Muctamir Zaide

PANGKEP - Akibat kemarau panjang, semua wilayah di Kabupaten Pangkep mengalami kekurangan air. Banyak sumber air khususnya di daerah pesisir yang habis. Akibatnya, warga terpaksa membeli air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pangkep, Kallang Ambo Dalle mengatakan, untuk membantu mengatasi kekurangan air ini, pihaknya telah mengadakan pembagian air kepada warga. Setiap hari petugas BPBD membagikan dua tangki air yang dibagi bergiliran di sejumlah wilayah.

Diakui Kallang, mobil dua tangki setiap hari itu tak cukup membantu masyarakat yang kekurangan air bersih. Namun tak ada pilihan lain, selain sumber air yang terbatas, pihaknya juga tak memiliki anggaran khusus untuk kegiatan ini.



"Tidak ada anggaran untuk bagi-bagi air ini tapi ini bentuk respon kami. Kami juga sementara mengajukan permohonan bantuan ke Pemprov Sulsel agar diberi bantuan, terserah bantuannya apa bisa uang bisa juga mobil tangki," kata Kallang, Kamis (26/9/2019).

Selain krisis air, kemarau juga mengakibatkan banyaknya kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Data BPBD, hingga hari ini sedikitnya 16 titik hutan dan lahan pernah mengalami kebakaran.

Salah seorang warga Labakkang, Adi menuturkan, dia terpaksa membuat kolam penampungan air dari terpal plastik untuk menampung air bersih. Sumur yang ada di wilayah sekitar rumahnya sudah kering dan satu-satunya cara mendapatkan air dengan membeli dari mobil tangki.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook