Vaksinasi Covid-19 Dimulai, Bupati Barru: Ini Aman dan Halal

Senin, 01 Februari 2021 - 22:09 WIB
loading...
Vaksinasi Covid-19 Dimulai, Bupati Barru: Ini Aman dan Halal
Sekda Barru saat disuntik vaksin Covid-19. Foto: Istimewa
A A A
BARRU - Pemerintah Kabupaten Barru mulai menggelar pencanangan pemberian Vaksin Covid-19 yang digelar di UPTD Puskesmas Padongko Kelurahan Sumpang Binangae, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru Senin, (1/2/2021).

Bupati Barru , Suardi Saleh mengatakan, masih perlu dilakukan edukasi terus menerus karena banyak masyarakat yang sudah merasa jenuh menerapkan protokol kesehatan. Pencanangan pemberian vaksin untuk mengurangi transmisi penularan Covid-19 .

”Hari ini kita lakukan vaksinasi dengan tujuan menurunkan angka kesakitan/kematian akibat C-19, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd imunity) dan melindungi masyarakat dari C-19 agar tetap produktif secara social dan ekonomi. Jangan kendor tetap patuhi protokol kesehatan," kata Bupati Barru saat menghadiri pencanangan pemberian Vaksin perdana.



Selain itu, Suardi Saleh juga sampaikan bahwa vaksin ini aman dan sudah dilakukan uji klinis dan sudah ada izin edar yang dikeluarkan oleh BPOM dan Label Halal dari MUI.

Kadis Kesehatan Kabupaten Barru , dr Amis Rifai menuturkan bahwa, pemberian vaksin akan dilakukan secara bertahap dan ada 4 tahapan dengan tetap mempertimbangkan ketersediaan, waktu, dan kedatangan vaksin.

Ada 4 tahapan yang akan lakukan dalam vaksinasi, yaitu tahap I (Januari–April) dengan sasaran vaksinasi adalah Tenaga Kesehatan. Tahap 2 (Januari–April) Petugas pelayanan publik diantaranya TNI/Polri, aparat hukum dan pelayanan Publik lainnya. Tahap 3 (April–Maret) untuk masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial dan ekonomi dan tahap 4 (April–Maret) untuk masyarakat dan pelaku ekonomi.

"Vaksin ini kita lakukan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan membentuk ketahanan tubuh agar mampu melawan virus,” katanya.



Sekadar diketahui, untuk Kabupaten Barru sebanyak 1.446 tenaga kesehatan dan masyarakat yang akan mendapatkan pemberitahuan melalui Short Message Service (SMS) untuk selanjutnya dilakukan vaksinasi.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1979 seconds (0.1#10.140)