alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Erdogan Tegaskan Turki Akan Terus Beli Minyak Iran Meski Disanksi

Agus Nyomba
Erdogan Tegaskan Turki Akan Terus Beli Minyak Iran Meski Disanksi
residen Turki Recep Tayyip Erdogan. Foto: Reuters

ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menegaskan, akan terus membeli minyak dan gas alam dari Iran meski mereka harus mengabaikan sanksi negara tersebut.

Erdogan mengatakan dalam stasiun televisi Turki NTV melaporkan di atas penerbangannya yang kembali dari pertemuan Majelis Umum PBB di New York bahwa Ankara tidak akan terhalang oleh sanksi Amerika terhadap perdagangan minyak dan gas Iran, dan mengatakan Turki tidak tertarik untuk memutuskan hubungan dengan Republik Islam tersebut.

Sanksi Amerika terhadap Iran telah ditingkatkan dengan stabil sejak tahun lalu, ketika Presiden Donald Trump menarik Amerika Serikat dari perjanjian nuklir yang ditandatangani antara Iran dan negara-negara dunia lainnya, memperkenalkan kembali semua sanksi pra-kesepakatan. Dijuluki "kampanye tekanan maksimum" oleh Gedung Putih, para pejabat AS mengatakan mereka ingin melihat sanksi memotong ekspor minyak Teheran menjadi nol.



AS, bersama sekutunya Arab Saudi, baru-baru ini menyalahkan Iran atas serangan terhadap sepasang fasilitas minyak Saudi, meskipun pemberontak Houthi Yaman mengklaim bertanggung jawab atas insiden itu, dan Teheran menyangkal keterlibatan apa pun.
Erdogan sejauh ini menahan diri untuk tidak ikut serta, dan menolak untuk ikut-ikutan Washington-Riyadh 'menyalahkan kereta musik Iran'.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook