alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bawa Sajam saat Demo di DPRD Sulsel, 4 Pelajar SMK Jadi Tersangka

Faisal Mustafa
Bawa Sajam saat Demo di DPRD Sulsel, 4 Pelajar SMK Jadi Tersangka
Ratusan pelajar SMK di Makassar dan Gowa ikut menggelar aksi demonstrasi di Gedung DPRD Sulsel, Kamis (26/9/2019) kemarin. Foto: SINDOnews/Muchtamir Zaide.

MAKASSAR - Kepolisian menetapkan empat pelajar SMK sebagai tersangka lantaran kedapatan membawa senjata tajam (sajam) saat melakukan aksi demonstrasi di depan Gedung DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumohardjo, Kamis (26/9/2019). Dari tangan tersangka, polisi mengamankan sejumlah pelontar lengkap dengan anak panahnya.

"Ini sengaja mereka siapkan untuk melukai petugas. Jadi mereka siap melakukan tindakan anarkis dengan melakukan pembusuran kepada polisi yang berjaga di sekitar kantor DPRD," kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, kepada SINDOnews.

Selain mengamankan pelontar dan anak panah, polisi juga menyita sajam lainnya yakni badik. Dicky menyebut pihaknya juga menemukan kayu dan batu yang disimpan oleh keempat pelajar SMK. Diduga itu dipersiapkan mereka jika terjadi bentrok dengan aparat.



Saat ini keempat pelajar tersebut sudah mendekam di sel tahanan Mapolrestabes Makassar untuk proses hukum lebih lanjut. Kepolisian akan berkoordinasi dengan Pusat Perlindungan Terpadu Pemberdayaan Perlindungan dan Anak (P2TP2A) Dinas Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kota Makassar.

"Pendampingan hukumnya tetap didampingi P2TP2A," pungkasnya.

Dicky menerangkan totalnya ada 208 siswa dari berbagai SMA, SMK, MAN di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa yang diamankan pihaknya. Mereka diangkut menggunakan truk dan bus menuju Mapolda Sulsel.

Selain 208 siswa, ada lima alumni yang diamankan serta 133 unit sepeda motor yang digunakan para siswa saat aksi. Mereka disebut diinstruksikan oleh seseorang melalui pesan berantai. "Jadi memang ada pesan berantai lewat media sosial yang isinya ajakan untuk ikut, kita masih dalami lagi sama Subdit V Cyber Crime Direskrimsus," paparnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook