alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pilkada 2020, NasDem Istimewakan Maros dan Luwu Utara

Muhaimin
Pilkada 2020, NasDem Istimewakan Maros dan Luwu Utara
Partai NasDem tidak membuka penjaringan kandidat untuk Pilkada Maros dan Luwu Utara. Foto: Dok SINDOnews.

MAKASSAR - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Sulsel memberi perlakuan istimewa terhadap dua daerah yang akan melangsungkan Pilkada 2020. Keduanya ialah Kabupaten Maros dan Luwu Utara (Lutra).

Sekretaris DPW Nasdem Sulsel, Syaharuddin Alrif, mengungkapkan partainya tak akan membuka penjaringan di Maros dan Lutra untuk Pilkada 2020. Kader dari dua daerah ini akan diprioritaskan untuk diusung.

"Karena di Maros ini kami punya kader dan kami anggap potensial. Daripada kita berpura-pura, mending kita tidak buka saja pendaftaran. Lutra juga termasuk (tidak buka penjaringan)," ungkapnya saat ditemui di ruangannya di Gedung DPRD Sulsel, Jumat (27/9/2019).



Syahar-sapaan karibnya, menjelaskan Nasdem di Pilkada Maros memastikan akan mengusung Andi Harmil Mattotorang sebagai calon bupati. Wakil Bupati Maros ini memang merupakan kader partai sekaligus menjabat Ketua DPD Nasdem Maros.

Begitu pun dengan sikap Nasdem di Lutra. Partai besutan Rusdi Masse di Sulsel ini juga memastikan memberi dukungannya kepada Muhammad Tahar Rum sebagai bakal calon bupati pada Pilkada Lutra 2020.

Bahkan, Nasdem ngotot mendorong Tahar Rum untuk menantang Bupati Lutra saat ini, Indah Putri Indriani. Tahar Rum merupakan Wakil Bupati Lutra dan menjadi pemenang saat berpasangan dengan Indah pada Pilkada Lutra 2015 lalu.

Saat ini, Nasdem baru membuka pendaftaran bakal calon untuk Pilkada 2020 di empat daerah saja. "Kami baru buka di Makassar, Bulukumba, Gowa dan Soppeng," tutur Syahar.

Wakil Ketua DPRD Sulsel sementara ini menambahkan, adapun enam daerah lainnya, Nasdem Sulsel belum bersikap. Partainya masih mempertimbangkan membuka penjaringan cakada di Selayar, Pangkep, Barru, Luwu Timur, Tana Toraja dan Toraja Utara.

"Jadi untuk daerah lainnya yang belum kita buka penjaringan, kami sementara menunggu hasil rapat dari DPD di daerah. Kami sudah berikan PO atau Pedoman Organisasi Pilkada ke mereka, nanti mereka yang putuskan," terang Syahar.

Ketua DPD Nasdem Maros, Harmil mengamini pernyataan Syahar. Dia menegaskan bahwa pihaknya memang tak membuka penjaringan di Maros. Wakil Bupati Maros ini percaya diri maju sebagai 01. Olehnya itu kata Harmil, meski Nasdem membuka penjaringan nantinya, namun hanya untuk kursi 02.

"Kita utamakan kader. Karena itu, kita tidak buka penjaringan. Tapi mungkin dibuka untuk wakil (bupati) saja," katanya belum lama ini.

Disinggung mengenai pasangannya, Harmil tak menampik kian dekat dengan Suhartina Bohari. Kader PAN ini memang hanya mengincar kursi 02 di Pilkada Maros 2020. "Iya, kita sementara saling menjajaki," pungkasnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook