alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Menyusui Membuat Hati Ibu Tenang dan Terhindar dari Penyakit

Darwiaty Dalle
Menyusui Membuat Hati Ibu Tenang dan Terhindar dari Penyakit
Suasana sosialisasi peningkatan kualitas ibu dan anak yang menghadirkan pakar ASI nasional, Utami Roesli. Foto: SINDOnews/Darwiaty Dalle

PAREPARE - Pokja IV PKK Kota Parepare bekerjasama dengan sentra Laktasi Indonesia (Selasi) menggelar sosialisasi menyusui sebagai upaya peningkatan kualitas anak dan ibu. Kegiatan itu dibuka Ketua Tim Penggerak PKK Parepare, Erna Rasyid Taufan didampingi Ketua Pokja IV yang juga Dirut RSUD Andi Makkasau Renny Anggraeny Sari.

Kegiatan itu menghadirkan pakar air susu ibu (ASI) nasional, Utami Roesli. Utami juga merupakan salah satu kerabat dekat mantan presiden RI ke-3, almarhum BJ Habibie.

"Beliau (Habibie) pernah berpesan kepada ibu Utami untuk memperhatikan anak Parepare agar kelak lahir Habibie-Habibie baru di kota ini. Inilah salah satu tujuan kegiatan tentang menyusui akan memperkuat ikatan anak dan ibu," jelas Erna.



Melalui kegiatan tersebut, kata Erna, pihaknya mengajak pokja IV untuk terus menyosialisasikan hingga ke kader PKK, tidak hanya pada tingkat kecamatan, namun pada tingkat kelurahan.

Karena, kata Erna, ASI adalah hal terpenting bagi anak yang baru lahir. Untuk itu, sangat diharapkan pemberian bimbingan terkait program ASI kepada kader-kader PKK maupun kader posyandu.

Utami dalam pemaparan materinya mengemukakan, cara menyusui yang benar dan dampak bagi ibu dan anak. Menyusui, jelasnya, dapat membuat pikiran sang ibu menjadi tenang.

"Rasa tenang ini disebabkan oleh produksi hormon oksitosin yang terstimulasi akibat menyusui," katanya.

Dengan pikiran yang tenang, lanjut Utami, tubuh sang ibu akan terhindar dari berbagai penyakit mematikan dan bayi pun menjadi lebih sehat.

"Selain itu menyusui akan memperkuat ikatan antara ibu dan anak yang memberikan dampak psikologis positif bagi sang ibu," paparnya.

Kegiatan PKK Parepare juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan RSUD Andi Makkasau Parepare.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook