TOPIK TERPOPULER

1.539 Tenaga Kesehatan di Tana Toraja Akan Disuntik Vaksin Covid-19

Joni Lembang
1.539 Tenaga Kesehatan di Tana Toraja Akan Disuntik Vaksin Covid-19
Kapolres Tana Toraja, AKBP Sarly Sollu saat disuntuk Vaksin Covid-19, kemarin. Di Tana Toraja, ada 1.539 tenaga kesehatan yang akan disuntik vaksin. Foto: Istimewa

TANA TORAJA - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Tana Toraja sudah dimulai sejak kemarin, Senin (1/2/2021). Dalam proses awal tersebut, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), perwakilan tenaga kesehatan, tokoh agama serta tokoh masyarakat jadi yang pertama menerima vaksin sinovac ini.

"Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 selanjutnya akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Tana Toraja, Ria Minoltha Tanggo.



Baca juga: Masih Isolasi, Taufan Pawe Ikuti Pencanangan Vaksinasi Secara Virtual

Dia mengatakan, hari pertama pelaksanaan vaksinasi Covid-19, sudah ada beberapa tenaga kesehatan yang disuntik vaksin. Selanjutnya, akan dilakukan vaksinasi untuk tenaga kesehatan lainnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Tana Toraja, jumlah tenaga kesehatan yang mengabdi di wilayah Tana Toraja sebanyak 1.539 orang.

"Ribuan tenaga kesehatan itu bertugas di berbagai rumah sakit, puskesmas dan pustu yang tersebar di 112 desa dan 47 kelurahan di 19 kecamatan se-Kabupaten Tana Toraja," ujar Ria.

Baca juga: Pasien Sembuh dari Covid-19 di Luwu Timur Kembali Bertambah 40 Orang



Sebelum disuntik vaksin Covid-19, tenaga kesehatan maupun masyarakat umum lainnya harus melalui beberapa tahapan. Di antaranya, screening, cek suhu dan tekanan darah. Semua penerima vaksin Covid-19 diwajibkan mengisi format isian untuk memastikan memenuhi kriteria atau tidak sebagai penerima vaksin Covid-19.

"Ada 16 pertanyaan pada format isian harus diisi. Kemudian diverifikasi oleh vaksinator apakah masuk kriteria penerima vaksin," kata Ria.

Baca juga: Sekwan Jadi Orang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19 di Bulukumba

Sementara itu, Kapolres Tana Toraja, AKBP Sarly Sollu usai disuntik vaksin Covid-19 meminta kepada masyarakat Tana Toraja agar tidak takut divaksin.

"Saya orang yang pertama divaksin. Hasilnya, tidak ada efek lanjutan yang saya rasakan. Semua aman saja. Ayo ikut vaksin, untuk melindungi dari virus corona," ajak Kapolres.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!