alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jangan Sampai Menyesal, Efek Suntik KB Tiga Bulan

Sri S Syam
Jangan Sampai Menyesal, Efek Suntik KB Tiga Bulan
Bagi pengantin baru, jangan buru-buru melakukan suntik KB untuk mencegah kehamilan. Foto : Istimewa

MAKASSAR - Bagi pengantin baru, jangan buru-buru melakukan suntik KB untuk mencegah kehamilan. Baik suami maupun istri harus tahu dulu efek dan manfaat suntik KB terutama bagi kesehatan reproduksi.

Jangan sampai, bukannya memberi manfaat tetapi justru merugikan kesehatanmu. Seperti dilansir dari berbagai sumber ini, efek suntik KB tiga bulan yang harus kamu ketahui.

1. Efek Terhadap Sistem Reproduksi
Penggunaan KB suntik selama 3 bulan tidak akan menganggu kesuburan atau menyebabkan gangguan kehamilan dan janin. Akan tetapi setelah melepas KB suntik maka akan bisa kembali hamil. Namun hal ini akan membutuhkan waktu 3-5 bulan untuk kembali bisa hamil lagi. Maka dari itu sebaiknya sebelum memutuskan untuk memilih alat kontrasepsi, berdiskusilah dulu dengan bidan atau dokter.



2. Gangguan Haid
Penggunaan KB suntik selama tiga bulan bisa saja mempengaruhi pola haid dan menyebabkan gangguan haid pada wanita. Namun tentu saja hal tersebut tergantung dari berapa lama Anda menggunakan alat kontrasepsi tersebut.

3. Sakit Kepala
Keluhan ini mungkin datang dari beberapa orang yang menggunakan KB suntik selama 3 bulan. Sakit kepala pada satu sisi kepala dan berdenyut membuat aktivitas Anda terganggu. Apabila terjadi demikian, sebaiknya konsultasikan ke dokter atau bidan terdekat.

4. Berat Badan Bertambah
Dalam beberapa kasus, pengguna KB suntik 3 bulan akan mengeluhkan berat badan yang terus bertambah. Ada hormon tertentu yang terpengaruh dengan suntik KB namun kenaikan berat badan seseorang akan bervariasi.

5. Efek Jantung dan Emosi
Efek yang perlu diwaspadai adalah resiko terkena penyakit jantung. Wanita yang menggunakan suntik KB selama tiga bulan juga akan mengalami ketidakstabilan emosi.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook