alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

3 Figur Ini Masuk Daftar Bakal Calon Bupati Bulukumba Paling Populer

Eky Hendrawan
3 Figur Ini Masuk Daftar Bakal Calon Bupati Bulukumba Paling Populer
Lembaga kerja penelitian publik (LKPP) saat memaparkan hasil survei Pilkada Bulukumba 2020. Foto: SINDOnews/Eky Hendrawan

BULUKUMBA - Tiga bakal calon Bupati Kabupaten Bulukumba untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 mendatang menempati top of mind dengan tingkat popularitas tertinggi. Hal itu berdasarkan survei Lembaga Kerja Penelitian Publik (LKPP).

Tiga bakal calon tersebut adalah A Hamzah Pangki, Askar HL, dan Tomy Satria Yulianto.

Survei persepsi masyarakat Kabupaten Bulukumba tahun 2019 menuju Pilkada 2020 itu dilakukan pada 1 hingga 7 September 2019 yang lalu.



Direktur LKPP, A Sri Wulandani mengatakan, survei yang dilakukan pihaknya menggunakan 440 responden dengan margin of error sebesar 5% dengan tingkat kepercayaan 95%. LKPP menggunakan teknik penarikan sampel multi stage random sampling.

"Survei yang kita lakukan ini untuk mengukur popularitas para calon dan mengidentifikasi top of mind pilihan masyarakat untuk calon Bupati mendatang," katanya, Minggu (29/9/2019).

Andi Sri mengungkapkan, survei yang dilakukan LKPP mendorong 30 nama. Kemudian 10 nama masuk dalam daftar top of mind. Dimana 10 nama tersebut didominasi sejumlah pimpinan partai politik.

"Jadi pertanyaan top of mind responden kita berikan kesempatan kepada responden secara terbuka untuk menyebut pilihan calon pemimpin. Dari nama-nama yang disebut, ada tiga nama yang paling banyak disebut," ungkapnya.

10 nama tersebut yakni, A Hamzah Pangki yang merupakan Ketua Golkar Bulukumba, Ketua PPP Bulukumba H Askar HL, mantan calon Bupati Bulukumba periode 2015-2020 Abdul Kahar Muslim, dan legislator PAN Edy Manaf.

Diurutan selanjutnya, Ketua PAN Bulukumba Zulkarnain Pangki, caleg DPR RI PPP Andi Cawa Miri, legislator NasDem Arum Spink, Andi Mahfud, Ketua Gerindra Bulukumba Sahruni Haris, dan Ketua NasDem Bulukumba Tomy Satria Yulianto.

Andi Sri menjelaskan jika masuknya tiga nama dalam top of mind popularitas yang tinggi seperti A Hamzah Pangki karena memiliki pengalaman sebagai Ketua DPRD Bulukumba selama dua periode, Tomy Satria sebagai Wakil Bupati Bulukumba, dan H Askar HL sebagai Ketua PPP Bulukumba.

"Tiga besar ini dianggap dekat dengan masyarakat, bahkan setelah dilakukan klasifikasi didapatkan argumen yang cenderung sama dari masyarakat. Dimana ketiga dianggap baik dan senang membantu masyarakat," ujarnya.

Informasi yang didapatkan, untuk Pilkada 2020, responden yang menjawab tahu mencapai 66,36%, tidak tahu 32,5%, tidak menjawab 1,14%. Dan tingkat minat partisipasinya mencapai 98,18%, 1,13% tidak akan memiliki dan 0,69% tidak menjawab.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook