alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jadwal NPHD 1 Oktober, KPU dan Pemkot Makassar Belum Temui Kata Sepakat

Muhaimin
Jadwal NPHD 1 Oktober, KPU dan Pemkot Makassar Belum Temui Kata Sepakat
Ketua KPU Kota Makassar, Farid Wajdi. Foto: SINDOnews/doc

MAKASSAR - Pembahasan anggaran untuk Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar 2020 belum juga rampung. KPU hingga saat ini belum menemui kata sepakat dengan tim anggaran pemerintah Daerah (TAPD) Pemkot Makassar.

Ketua KPU Makassar, Farid Wadji tak menepis bahwa pembahasan anggaran Pilkada 2020 terbilang alot. Bahkan pihaknya telah melakukan pertemuan beberapa kali dengan TAPD.

"Sudah tiga hari ini kami bahas. Dan besok (hari ini) diagendakan untuk membahas kembali,” ucap Farid melalui sambungan telepon, Minggu (29/9/2019).



Meski begitu, Farid mematok target perampungan pembahasan anggaran Pilkada 2020 untuk KPU Makassar tak akan melewati 1 Oktober 2019. Lantaran tanggal tersebut merupakan batas akhir penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) untuk anggaran Pilwalkot Makassar.

"Kami berharap kalau misalkan besok tidak ada kendala. Muda-mudahan besok (hari ini) selesai dan besoknya (1 Oktober) kita bisa melakukan penandatangan NPHD,'' tegasnya.

Farid membeberkan, kendala yang dihadapi sehingga KPU dan Pemkot tidak menemui kesepakatan karena proses singkronisasi anggaran. Dimana, pihaknya diminta untuk merasionalisasikan dana sesuai dengan kemampuan yang bisa ditangani oleh Pemkot Makassar.

“Kami harus mendengar banyak masukan dari Pemkot. Kemampuan daerahnya mereka, harus sesuai dengan kebutuhan belanja kami,” tuturnya.

“Belum ada info dari pemerintah kota soal kemampuannya (anggaran). Tapi anggaran ini kami harus bahas satu-satu. Dan terakhir akan terlihat bahwa segini kemampuannya Pemkot. Kita bahkan buka satu persatu item kegiatannya,” sambungnya.

Sebelumnya, KPU Makassar mengajukan dana sebesar Rp96,057 miliar untuk Pilkada 2020. Namun TPAD meminta jumlah tersebut dipangkas Rp6 miliar dan menjadi Rp90 miliar. Namun sampai saat ini, kedua belah pihak belum menentukan angka pastinya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook