alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

4 Partai di DPRD Toraja Belum Putuskan Melebur atau Bentuk Fraksi Gabungan

Joni Lembang
4 Partai di DPRD Toraja Belum Putuskan Melebur atau Bentuk Fraksi Gabungan
Gedung DPRD Tana Toraja. Foto: Istimewa

TORAJA - Empat partai yang meloloskan kadernya di DPRD Tana Toraja pada Pemilu 2019 lalu, belum menentukan sikap, apakah akan melebur ke fraksi lain atau membentuk fraksi gabungan.

Empat partai tersebut yakni Gerindra yang menguasai dua kursi, serta Perindo, PKPI dan Berkarya yang masing-masing memiliki satu kursi.

Diketahui, empat partai ini tidak memenuhi syarat untuk membentuk fraksi sendiri. Sebab, syarat untuk membentuk fraksi di DPRD Tana Toraja adalah minimal tiga kursi.



Mereka bisa saja membentuk satu fraksi, jika mereka mau bergabung. Jika tidak, mereka harus melebur ke salah satu dari lima fraksi yang sudah terbentuk, yakni Golkar (tujuh kursi), Nasdem (enam kursi), PDIP (lima kursi), Demokrat (empat kursi) dan Hanura (tiga kursi).

Ketua DPRD Tana Toraja sementara, Welem Sambolangi sebelumnya memberikan tenggat waktu hingga 1 Oktober pekan ini kepada empat partai tadi untuk menentukan sikap. Apakah melebur ke fraksi lain, atau membentuk fraksi gabungan.

Anggota DPRD Tana Toraja dari Partai Perindo, Yan Anggong Kala’lembang menyatakan, dirinya sudah berkoordinasi dengan pengurus partai untuk menentukan sikap apakah Perindo bergabung dengan parpol yang tidak memenuhi syarat membentuk satu fraksi untuk membentuk fraksi gabungan ataukah melebur dengan salah satu fraksi utuh.

“Perindo bergabung di fraksi mana masih tunggu keputusan dari partai,” ujar Yan, legislator terpilih dari daerah pemilihan Tana Toraja I meliputi kecamatan Makale dan Makale Selatan.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook